logoblog

Cari

Siswa MAN 2 Kota Bima Dapat Beasiswa Kedutaan Amerika

Siswa MAN 2 Kota Bima Dapat Beasiswa Kedutaan Amerika

Kota Bima, KM_Sebanyak 7 (tujuh) orang siswa dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Bima berhasil lolos seleksi program beasiswa Access

Pendidikan

Nurrosyidah Yusuf
Oleh Nurrosyidah Yusuf
18 November, 2018 19:42:53
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 17221 Kali

Kota Bima, KM_Sebanyak 7 (tujuh) orang siswa dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Bima berhasil lolos seleksi program beasiswa Access Microscholarship dari Kedutaan Amerika. Adapun ke-7 nama siswa yang lolos seleksi, yakni: M. Alfha Rhino, M. Rizkal Putra Perdana, Selvi Rahmah Hairunnisah, Ikhwan Kurniawan, Nur Elsa Fitri, Nurul Rohimah dan Rully Setiawan.

Pemerintah Amerika melalui RELO (Regional English Language Office) Kedutaan Besar Amerika Jakarta akan  memberikan beasiswa kepada 40 orang siswa di Kota Bima NTB. Siswa yang lolos seleksi berasal dari 9 sekolah, terdiri dari: SMAN 1 Kota Bima sebanyak 9 orang, SMAN 2 Kota Bima sebanyak 6 orang, SMAN 3 Kota Bima sebanyak 5 orang, SMAN 4 Kota Bima sebanyak 2 orang, SMA Muhammadiyah sebanyak 6 orang, MAN 1 Kota Bima sebanyak 1 orang, MAN 2 Kota Bima sebanyak 7 orang, MA Muhammadiyah sebanyak 1 orang, dan SMKN 2 Kota Bima sebanyak 3 orang.

Program beasiswa Access Microscholarship diperuntukkan bagi siswa tingkat SMA,MA, maupun SMK, khusus kelas 10. Tahap seleksi awal dilakukan pada 22 – 23 Oktober 2018 di kantor FLI (Foreign Language Institute) Kota Bima. Para penguji adalah Syahruna, Direktur FLI (Foreign Language Institute) Kota Bima bersama para staf yang telah ditentukan.   

Materi seleksi adalah melalui wawancara tentang identitas para peserta, pengetahuan tentang budaya Amerika, dan sebagainya. Seluruh materi wawancara menggunakan bahasa Inggris. Hal ini bertujuan untuk menguji kemampuan para peserta dalam hal speaking. Kemampuan leadership para peserta juga dinilai untuk mengetahui bagaimana motivasi dan komitmen para peserta mengikuti Program Beasiswa Access Microscholarship ini.

 

Baca Juga :


Fasilitas yang didapat oleh para peserta antara lain: pertama,  penerima beasiswa akan menerima uang tiap bulan selama 2 tahun. Kedua, penerima beasiswa akan mengikuti pendidikan bahasa Inggris setiap sore dua kali seminggu selama 2 tahun secara gratis di FLI Kota Bima. Ketiga, penerima beasiswa akan mengikuti English Camp yang diadakan sekali setahun di mana para instruktur adalah fellows Amerika di bawah regulasi RELO kedutaan besar Amerika Jakarta. Untuk English Camp biasanya diadakan di kawasan Pantai Lakey kabupaten Dompu NTB.  

Selanjutnya alumni Access Microscholarship Program akan diseleksi untuk mengikuti Youth Leadership Program di Amerika. Untuk alumni Access Micro Scholarship Program Seed Kota Bima mendapat kesempatan untuk mengikuti program Nevada dan Washington DC. Seperti pada periode lalu, Kota Bima mendapat jatah 4 orang siswa dan 1 orang guru untuk diberangkatkan ke Amerika. (NR)



 
Nurrosyidah Yusuf

Nurrosyidah Yusuf

Nurrosyidah Yusuf. Alamat: Jl. Seruni No.14 Lingkungan Saleko Kel. Sarae Kec. RasanaE Barat Kota Bima NTB. Email: rosyinurosyidah@gmail.com, rosyinurosyidah@yahoo.com. Facebook: Rosyi Nur Rosyidah. Twitter: @RoseNurrosyidah

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan