logoblog

Cari

2019 Akan Ada Pasar Kampung Online

2019 Akan Ada Pasar Kampung Online

(23/10/2018): Untuk meningkatkan SDM Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Online Diskominfotik Provinsi NTB menggelar Pelatihan Pasar Kampung Online yang berlangsung di Rumah

Pendidikan

Asrobi Abdihi
Oleh Asrobi Abdihi
24 Oktober, 2018 18:04:40
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 6137 Kali

(23/10/2018): Untuk meningkatkan SDM Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Online Diskominfotik Provinsi NTB menggelar Pelatihan Pasar Kampung Online yang berlangsung di Rumah Makan Dreen Asri Desa Sayang Sayang Kota Mataram. Hadir dalam pelatihan diantaranya Sekretaris Diskominfotik Porvinsi NTB Fairuzzabadi, Kabid Layanan Informasi dan Komunkasi Publik Diskominfotik Kota Mataram Mustafa, Narasumber dari Dosen STMIK Bumi Gora Mataram sekaligus Pembuat Situs Online pasarsayur.com Kurniawan Eko Saputro, sejumlah staf dari diskominfotik Provinsi dan Kota Mataram serta peserta dari Kampung Media 10 orang dan KIM2 Kota Mataram 10 orang.

Kabid Layanan Informasi dan Komunkasi PublikDiskominfotik Kota Mataram Mustafa mengatakan pemerintah Kota Mataram sangat mengapresiasi kepada Diskominfotik provinsi NTB atas penyelenggaraan peningkatan SDM kepada Kelompok Informasi Masyarakat Mentaram.

“Yang kami hadirkan ini KIM berasal dari masing-masing kecamatan mataram, jadi ada perwakilannya yang hadir jumlahnya 10 orang dari KIM dan 10 orang dari kampung media sehingga jumlah 20 orang”.Kata Mustafa

Lebih jauh Mustafa menyampaikan bahwa KIM Kota Mataram ini dibentuk berdasarkan keputusan kepala daerah dengan tujuan untuk membantu kepal daerah mengimformasikan hal-hal yang terkait dengan pelaksanaan pemerintahan di Kota Mataram tentnya dimasing-masing kecamatan dan hal itu akan berintegrasi dengan program pembangunan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah daerah dengan DPRD Kota Mataram.

Mewakili Kadiskominfo NTB H.Tarmizi mengatakan setelah melalui 10 tahun fase pertama kampong media kini pada 2019 akan masuk fase ke 2 yakni peningkatan kapasitasnya menuju kreatif ekonomi artinya yang dulunya tahun 2008 sampai saat ini budaya bertutur menjadi budaya menulis kemudian diupload dikampung media atau media online lainnya tetapi saat ini tahun 2019 pemerntah provinsi mengadakan pelatihan yang bernilai ekonomi.

Terkait binis online kata Tarmizi, saat inilah zamannya dan insaaAllah dari 2019 sampai 2021 pemerintah NTb akan memilki server sendiri seperti yang dilakukan oleh Bukalapak.com yang memiliki perwakilan server diindonensia. Harapan pemerintah provinsi memiliki server dengan harapakan dapat melindungan masyarakatnya dalam bernis online atau menyerap suatu informasi yang sifatnya penipuan atau hoax.

 

Baca Juga :


“Intinya kita ada peningkatan kafasitas,intinya kita akan mendidik yang sifatnya ekonomi kreatif, intinya yang sifatnya menghasilkan”. Ujar Tarmizi.

Sekretaris Diskominfotik Prov.NTB Fairuzzabadi yang melungkan waktu hadir di acara tersebut sempat memberikan pengarahan dan semangat kepada para peserta KIM mengingat perjalanan membangun Kampung Media sejak tahun 2008 hingga kini telah banyak memperoleh penghargaan diantaranya 9 top inovasi nasional dari Kemenpanrab, USO award kemenkominfo sampai dijadikan program unggulan oleh pemerintah daerah yang masuk dalam RPJMD.

Kata Fairuzzabadi, setelah kampung media mengajak warga sebagai jurnalis warga yakni dengan budaya bertutur menjadi budaya menulis maka Insya Allah tahun 2019 nanti Kampung media akan masuk ke fase ekonomi kreatif dengan menciptakan pasar kampong online dengan moto 3T Terencana,Terarah dan Terukur []



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan