logoblog

Cari

Guru SDN 19 Cakranegara Diminta Kembangkan Pembelajaran Kreatif

Guru SDN 19 Cakranegara Diminta Kembangkan Pembelajaran Kreatif

Proses pembelajaran pada hakekatnya adalah untuk mengembangkan aktivitas dan kreativitas peserta didik, melalui berbagai interaksi dan berbagai pengalaman belajar. Untuk itu,

Pendidikan

Lilwalidaini ihsan
Oleh Lilwalidaini ihsan
08 Oktober, 2018 08:11:36
Pendidikan
Komentar: 1
Dibaca: 15419 Kali

Proses pembelajaran pada hakekatnya adalah untuk mengembangkan aktivitas dan kreativitas peserta didik, melalui berbagai interaksi dan berbagai pengalaman belajar. Untuk itu, para guru harus senantiasa mampu mengembangkan proses pembelajaran kreatif setiap saat.

Kepala SDN 19 Cakranegara Sri Hartini meminta agar dewan guru di SDN 19 Cakranegara wajib mengembangkan pembelajaran kreatif dan inovatif terhadap siswa.

Memulai untuk mengembangkan pembelajaran kreatif, pihaknya memulainya dari tiap tema pelajaran. Ditargetkan setiap tema pelajaran menghasilkan satu produk. Hal ini sesuai dengan semangat pembelajaran K 13. Hasil produk yang dihasilkan nantinya dipajang di setiap kelas. Dengan cara itu anak didik akan semangat belajar.

Disebutkan, bahwa pembelajaran kreatif dan inovatif merupakan model yang dikembangkan dengan mengacu kepada berbagai teori atau pendekatan pembelajaran yang diasumsikan mampu meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar.

Dapat dilihat dalam proses pembelajaran di kelas, umumnya guru lebih menekankan pada aspek kognitif. Kemampuan intelektual yang dipelajari sebagian besar berpusat pada pemahaman materi pelajaran yang bersifat ingatan. Guru lebih sering menggunakan komunikasi satu arah, yakni dengan menggunakan metode ceramah.

 

Baca Juga :


Dalam situasi yang demikian, biasanya peserta didik dituntut untuk menerima apa-apa yang dianggap penting oleh guru dan menghafalnya. Siswa diibaratkan sebagai kaset kosong yang siap dijejali dengan berbagai rekaman informasi, tanpa siswa banyak mengetahui tentang siapa, mengapa, bagaimana, dan untuk apa materi itu diberikan.

Padahal harusnya peserta didik melalui proses belajar itu mampu termotivasi gairah belajarnya. Semakin meningkat semangat belajarnya dan tentu juga prestasi kian meningkat. Oleh sebab itu, para guru harus menjadi guru profesional sesuai dengan kompetensinya yang diharapkan. Memiliki kompetensi pedagogik, sosial dan sebagainya. (*)



 
Lilwalidaini ihsan

Lilwalidaini ihsan

Nama Lilwalidaini ihsan Panggilan Ichan Alamat Dasan Agung Tanak Beak Lombok Tengah Hobi Menulis & Fotografhy Email lilwaihsan@gmail.com Wa 081 913 414 145 Exis 083 129 790 828 "Jangan Lupa Komunikasi & Koordinasi Sebelum Bertindak"

Artikel Terkait

1 KOMENTAR

  1. lia hyda KM. CAKRANEGARA

    lia hyda KM. CAKRANEGARA

    24 Oktober, 2018

    Hebat.. disekolah saya juga mulai menerapkan K13..


 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan