logoblog

Cari

Tutup Iklan

Ayo Sekolah Lagi!

Ayo Sekolah Lagi!

Gempa bumi yang meluluhlantakan Kabupaten Lombok Utara dan Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Minggu, 5 Agustus 2018 yang lalu, membuat

Pendidikan

KM SANGAJI MBOJO
Oleh KM SANGAJI MBOJO
17 Agustus, 2018 22:43:33
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 2312 Kali

Gempa bumi yang meluluhlantakan Kabupaten Lombok Utara dan Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Minggu, 5 Agustus 2018 yang lalu, membuat sebagian masyarakat tidak memiliki tempat tinggal. Tak terkecuali fasilitas umum, salah satunya adalah sekolah. Namun hal itu tidak membuat masyarakat khususnya siswa patah semangat untuk belajar. Mereka tetap untuk semangat untuk belajar. Untuk mengantisipasi kendornya semangat siswa untuk belajar, relawan Muhammadiyah yang bergabung dalam Muhammadiyah Disaster Manajement Center (MDMC) menginisiasi Sekolah Darurat Tanggap Bencana (SDTB). SDTB ini diinisiasi di berbagai tempat, di antaranya Dusun Lading – Lading Kecamatan Tanjung dan Dusun Lekok Desa Gondang Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara (KLU) dan Desa Rendang Luar Sembalun Dusun Mlepah dan Dusun Sajang kecamatan kayangan Kabupaten Lombok Timur (Lotim).

Di tempat yang sangat sederhana itulah mereka belajar, yang dipandu oleh beberapa falisitator. Beberapa tempat disulap menjadi tempat belajar dan bahkan di lapanganpun dijadikan tempat belajar.

Dalam siaran persnya, staff Tanggap Darurat, Rehabilitasi, dan Rekonstruksi (TDRR) MDMC Harits Dwi Wiratma, menyebutkan bahwa fasilitator dalam SDTB tersebut merupakan relawan yang datang dari MDMC DIY, MDMC Jawa Tengah, dan MDMC Jawa Timur. “Sekolah ini diinisiasi sebagai bentuk trauma healing sehinga dapat mengembalikan kepercayaan diri dan memperbaiki suasana hati anak – anak pasca gempa,” ungkapnya

Menurutnya bahwa Sekolah Darurat Tanggat Bencana tersebut merupakan salah satu solusi untuk membangkitkan semangat belajar siswa yang kehilangan semangat pada saat gempa itu terjadi.

 

Baca Juga :


“Hal ini merupakan salah satu usaha untuk membangkitkan kembali semangat belajar siswa,” tambahnya.



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan