logoblog

Cari

Tutup Iklan

Evaluasi Siswa Satu Semester

Evaluasi Siswa Satu Semester

KIM WAWO,- Sekolah Dasar (SD) se kecamatan Wawo melaksanakan pembagian rapor setelah selesai masa akhir pelajaran semester genap tahun ajaran 2017/2018,

Pendidikan

KM LENGGE
Oleh KM LENGGE
12 Juni, 2018 23:18:28
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 2992 Kali

KIM WAWO,- Sekolah Dasar (SD) se kecamatan Wawo melaksanakan pembagian rapor setelah selesai masa akhir pelajaran semester genap tahun ajaran 2017/2018, Sabtu (9/6) di sekolah masing-masing se Kecamatan Wawo.

Setelah pelaksanaan Ujian Akhir Semester Genap dilaksanakan selama 2 minggu yaitu ujian mata pelajaran dan muatan lokal di Sekolah Dasar (SD) serentak membagi rapor sebagai evaluasi akhir semester.

Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) Kecamatan Wawo, Rusdin, S.Pd  mengutarakan bahwa setelah menempuh ulangan semester genap tahun ajaran 2017/2018  seluruh SD di kecamatan Wawo membagikan laporan evaluasi untuk siswa kepada orang tuanya.

"Sesuai jadwal kalender pendidikan dan surat edaran bupati Bima, pelaksanaan ulangan semester dimulai sejak akhir Mei yang lalu dan liburan semester mulai Minggu kedua Juni hingga minggu awal Juli," jelas Rusdin.

Menurut Rusdin, Pembagian raport sangat penting untuk evaluasi bagi siswa. Raport memberikan laporan pendidikan yang ditempuh siswa-siswi selama 1 semester. Sehingga orang tua ikut andil juga mengevaluasi perkembangan pendidikan formal anak-anaknya.

Untuk mendidik dan mencerdaskan siawa-siswi ini bukan hanya tugas guru disekolah, namun merupakan tugas bersama orang tua atau wali murid dirumah.

"Orang tua atau wali murid harus benar-benar memperhatikan perkembangan pendidikan anaknya, jangan hanya dibebankan kepada guru karena sebagian besar waktu anak-anak ini ada dilingkungan orangtua," tegas KUPT yang telah menjabat selama 2 periode ini.

Nilai raport yang diberikan oleh guru di sekolah menjadi catatan bagi orang tua atau wali murid. Nilai atau catatan menjadi tugas orang tua juga untuk mensuport perkembang pendidikan anak-anaknya.

 

Baca Juga :


Dibeberapa sekolah, misalnya SDN 3 Maria, siswa dan siswi yang meraih nilai bagus diberikan apresiasi khusus sehingga menjadi motifasi bagi siswa yang lain untuk mengikutinya.

Menurut Kepala Sekolah SDN 3 Maria, M. Saleh, S. Pd bahwa memang yang meraih nilai terbaik kami berikan apresiasi berupa hadiah. " Kamu berikan hadiah siswa yang juara, begitu juga yang tidak meraih nilai terbaik, sehingga mendorong dan memotifasi mereka giat belajar," kata pria yang disapa Ori ini.

Senada dengan Kepala SDN 2 Maria Yahya Baharudin,S. Pd mengaku di akhir semester genap tahun ajaran 2017/2018 disekolahnya dilakukan evaluasi dengan pemberian rapor kepada siswa yang didampingi wali murid.

"Kami berharap bahwa rapor menjadi media untuk evaluasi siswa oleh guru dan lebih-lebih orang tua melihat perkembangan pendidikan anak-anaknya," ujar Yahya.

Mari kita menjadi guru sekaligus orang tua bagi anak-anak kita di lingkungan sekolah maupun lingkungan tempat tinggal anak-anak kita. (Efan)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan