logoblog

Cari

INOVASI Gelar Media Gathering

INOVASI Gelar Media Gathering

Sumbawa Barat. Diskominfo - Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan serta pengembangan kapasitas sumberdaya manusia pada bidang pendidikan di Indonesia, Program kemitraan

Pendidikan

Feryal Mukmin Pertama
Oleh Feryal Mukmin Pertama
08 Juni, 2018 12:00:49
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 4692 Kali

Sumbawa Barat. Diskominfo - Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan serta pengembangan kapasitas sumberdaya manusia pada bidang pendidikan di Indonesia, Program kemitraan Indonesia dengan Australia yakni INOVASI, menggelar Media Gathering Tahun 2018 selama tiga hari, 6-8 Juni di Holiday Resort Hotel Lombok, Kegiatan ini juga untuk meningkatkan pemahaman kepada stakeholder yang terlibat dalam implementasi program tersebut. 

Berbagai media lokal dan institusi pemerintah juga dilibatkan dalam rangka memberikan komitmen secara finansial dan moral guna tercapainya sebuah tujuan.

INOVASI itu sendiri telah membangun cabang-cabang untuk peningkatan hasil pembelajaran siswa khususnya ditingkat sekolah dasar, bekerjasama dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan serta 12 Kabupaten mitra inovasi yang berada di empat wilayah,  yakni NTB, NTT ,Kalimantan Utara dan Jawa Timur.

Khusus di NTB INOVASI menjalin kemitraan dengan enam Kabupaten yakni Lombok Tengah, Lombok Utara, Sumbawa Barat, Sumbawa, Dompu dan Kabupaten Bima.

Kabid Ketenagaan Dinas Dikpora NTB, H. Aidy Furqan, S.Pd. M.Pd., menilai INOVASI kali kembali melakukan kegiatan yang berbeda, dimana sebelumnya banyak yang diundang stakeholder internal. Seperti kepala sekolah, guru, pengawas. Namun saat ini sudah mulai mengembangkan aktivitas kegiatannya untuk mengundang stakeholder yg sangat penting, esensi dan potensial yang bisa memberikan informasi terkait program yang sedang berlangsung dan arah program kedepannya.

Kehadiran jajaran pers, Diskominfotik, dan Bagian Humas Pemda pada kegiatan ini merupakan stakeholder yang nantinya akan menguasai pemberitaan untuk bisa memberikan infomasi, kritik, dan berbagai telaah yang analogis atau analisis lain yang dibutuhkan program ini. “Kehadiran dari awak media dan pemerintah bagi dunia pendidikan cukup berpengaruh, terutama membangun opini dan respon masyarakat, tentu beberapa hal perlu menjadi pedoman bagi kita semua dalam hal publikasi,” ujarnya.

 

Baca Juga :


Ia juga menyampaikan, pada prinsipnya pengelolaan program inovasi ini diarahkan untuk meningkatkan kompetensi profesional para guru dan pengampu pendidikan, Ia juga berharap INOVASI bisa membangun program dan aktivitas kegiatan pembelajaran yang tidak seperti biasanya, memberikan penguatan sehingga mendorong Kepala Sekolah, guru serta murid agar betah di sekolah. Untuk mencapai itu dibutuhkan strategi pendekatan dan inovasi seperti yang telah dilaksanakan oleh program inovasi. Program ini juga sangat mendukung program pemerintah pusat dalam mencapai Generasi Emas pada tahun 2045.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari tersebut resmi dibuka oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Nusa Tenggara Barat, Drs Tri Budiprayitno M.Si.

Dalam sambutannya, Tribudi Prayitno mengapresiasi kegiatan tersebut yang melibatkan wartawan dan Dinas Kominfotik dari enam Kabupaten.

Dengan mengikuti kegiatan ini media dan stakeholder lainnya tidak selalu memandang dari sisi negatif tapi lebih memperhatikan hal yang bersifat positif sehingga memberitakan sesuatu yang layak diberitakan. Sehingga masyarakat akan termotivasi “Baik buruknya suatu daerah tergantung dari medianya. Intinya kami minta agar bijak di dunia maya, damai di dunia nyata,” ucapnya. [Kominfo Sumbawa Barat/feryal]



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan