logoblog

Cari

INOVASI Gelar Lomba Inovasi Pembelajaran 2018

INOVASI Gelar Lomba Inovasi Pembelajaran 2018

  Mataram, 7 Juni 2018  – Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia (INOVASI), program kemitraan pemerintah Indonesia dan Australia di bidang peningkatan

Pendidikan

Feryal Mukmin Pertama
Oleh Feryal Mukmin Pertama
07 Juni, 2018 21:44:21
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 18241 Kali

Mataram, 7 Juni 2018  – Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia (INOVASI), program kemitraan pemerintah Indonesia dan Australia di bidang peningkatan mutu pendidikan, akan kembali menggelar Lomba Inovasi Pembelajaran bagi guru-guru jenjang sekolah dasar (SD) dan madrasah ibtidaiyah (MI) di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Tahun lalu, sejumlah 68 praktik baik turut serta mengikuti lomba tersebut dengan guru dari Lombok Barat dan Sumbawa Barat yang berhasil menjadi pemenang. Lombok Barat untuk kategori literasi, sedangkan Sumbawa Barat untuk kategori numerasi. 

Lomba ini khusus diperuntukkan bagi para guru-guru di NTB untuk mengikutsertakan berbagai inovasi-inovasi (praktik baik) pembelajaran yang telah diterapkannya di kelas atau sekolah dalam rangka meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswanya, termasuk juga dalam hal pendidikan inklusi. Tidak hanya terbatas pada inovasi media pembelajaran yang guru ciptakan, ide yang diikutsertakan dapat juga berupa praktik pengelolaan kelas, strategi pembelajaran, upaya meningkatkan minat baca siswa, atau metode penilaian. Beberapa contoh termasuk bagaimana guru berinovasi dengan meningkatkan keterlibatan orang tua dalam meningkatkan mutu pembelajaran anak berkebutuhan khusus (ABK); bagaimana guru merespon perilaku negatif anak didik dengan pendekatan disiplin ramah anak; ataupun tantangan pembelajaran lainnya. 

Kriteria praktik baik yang diikutsertakan pada lomba adalah praktik-praktik baik yang sederhana, namun efektif dan kontekstual atau sesuai dengan konteks di daerahnya. Para peserta lomba dapat mengirimkan ide-ide praktik baik atau inovasi pembelajaran yang telah mereka implementasikan dalam bentuk tertulis dan/atau video melalui tautan di website INOVASI yaitu http://www.inovasi.or.id/id/lomba-inovasi-pembelajaran-ntb/ ataupun dapat dikirimkan langsung ke kantor INOVASI di NTB yaitu di Mataram dan Bima. Bentuk tertulis harus dilengkapi dengan foto, gambar, dan sketsa pendukung.

Lomba ini diselenggarakan INOVASI bekerja sama dengan para pemangku kepentingan di NTB seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB dan Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi NTB – dengan salah satu program unggulannya, Kampung Media. Nantinya, setelah melalui proses seleksi dan penilaian oleh panel juri, pemenang lomba akan memperoleh penghargaan seperti sertifikat maupun paket pelatihan. 

Sebagai kesempatan bagi para guru se-NTB menunjukkan ide pembelajaran inovatif yang telah mereka terapkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD/MI di kelas – baik dalam hal literasi (membaca), numerasi (berhitung), ataupun dalam hal pendidikan inklusi, lomba ini akan berlangsung mulai bulan Mei 2018 dan pendaftaran akan ditutup pada 31 Agustus 2018. Pengumuman dan penganugerahan pemenang akan berlangsung pada bulan November 2018 sekaligus dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional yang diperingati pada bulan November tiap tahunnya di Indonesia.

* * *

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi Tim Komunikasi INOVASI Provinsi NTB, atau kunjungi website, facebook, dan Youtube INOVASI melalui: www.inovasi.or.id, facebook Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia, dan youtube INOVASI Pendidikan.

Juliarti Sianturi

Communications Officer INOVASI 

E: juliarti.sianturi@thepalladiumgroup.com

 

Baca Juga :


M: +62 811 9885 694

Mataram, NTB

Stella Puteri

Communications Officer INOVASI

E: stella.puteri@thepalladiumgroup.com

M: +62811 9885 695

Bima, NTB



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan