logoblog

Cari

Tutup Iklan

Komisi I DPR RI Tinjau UNBK di SMAN 1 Janapria

Komisi I DPR RI Tinjau UNBK di SMAN 1 Janapria

Sebanyak 12 anggota Komisi I DPR RI melakukan kunjungan kerja sekaligus meninjau kembali terhadap proses Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di  Sekolah

Pendidikan

Suparman
Oleh Suparman
12 April, 2018 17:32:45
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 7922 Kali

Sebanyak 12 anggota Komisi I DPR RI melakukan kunjungan kerja sekaligus meninjau  proses Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di  Sekolah Menengah Atas (SMAN) Negeri 1 Janapria, Kecamatan Janapria, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi NTB, Kamis (12/04)

Kedatangan rombongan Komisi I DPR RI itu didampingi oleh kepala Dinas Kominfoti NTB, Dikbud NTB dan Dikbud Kabupaten Lombok Tengah, disambut oleh seluruh guru dan siswa  SMAN 1 Janapria, Lombok Tengah.

Kepala SMAN 1 Janapria, H. Wildan, S.Pd dalam sambutannya,  mengatakan bahwa kedatangan anggota DPR RI adalah kehormatan bagi SMAN 1 Janapria. Kunjungan ini diharapkan memberikan keberkahan untuk menunjang perkembangan dunia pendidikan yang berbasis tekhnologi komputer ke depannya.

"Alhamdulillah, di dalam proses pelaksanaan UNBK dan ditunjang oleh sarana yang lain. Pada tahun 2016 lalu, kami juga mendapatkan bantuan  dari Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) dalam hal jaringan internet, sehingga pelaksanaan UNBK tahun 2018 dapat terlaksana dengan baik," jelas Wildan yang  baru 3 bulan menjabat sebagai kepala SMAN 1 Janapria.

Lanjut Wildan,  pelaksanaan UNBK dilakukan dalam tiga tahap, karena Sebanyak 147 siswa yang mengikuti UNBK, terdapat 59 unit komputer yang dapat menunjang pelaksanaan UNBK. "Jadi pelaksanaan UNBK tidak bisa dilakukan dalam satu tahap. Tapi, dengan keamanan soal untuk tahap selanjutnya dapat kita jamin," tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Ir. H. Satya Widya Yudha, M.E., M.Sc. menjelaskan, bahwa upaya mengembangkan sebuah lembaga pendidikan melalui UNBK di setiap sekolah di seluruh Indonesia,  merupakan langkah awal untuk menangkap masa depan yang cerah bagi bangsa Indonesia.

"Kunjungan ke sekolah memiliki makna baik bagi bangsa ini. Kami dari Komisi I DPR RI meskipun tidak membidangi lembaga pendidikan, tetapi kami membantu sarana pembangunan infrastruktur yang menyangkut ketersediaan akses internet yang bermitrakan dengan Kementrian Kominfo RI," ungkapnya.

 

Baca Juga :


Kunjungan Komisi I DPR RI juga menjadi hal yang sangat penting, untuk memastikan sejauh mana anggaran yang diamankan ke sekolah, tepat sasaran atau tidak. Sehingga pengelolaan dana dan jaringan internet untuk menunjang terlaksananya UNBK di SMAN 1 Janapria sesuai dengan harapan pemerintah.

Sementara itu, Direktur Utama Bakti Kominfo RI, Anang Latif,  juga berkesempatan untuk menjelaskan bahwa SMAN 1 Janapria, merupakan salah satu dari 353 sekolah yang di bantu oleh Bakti Kominfo RI terkait pelayanan internet yang dapat mendukung pelaksanaan UNBK tahun 2018. 

"Memang belum banyak jumlah sekolah yang kami bantu untuk pelayanan internetnya. Karena sebagian besar layanan internertnya di bantu oleh Kementrian Dikbud. Namun, kami  membantu daerah-daerah terpencil yang jaringan internetnya tidak bisa disediakan dengan kabel, akan tetapi kami menggunakan bantuan satelit," ungkapnya. 

Untuk memastikan pelaksanaan UNBK di SMAN 1 tersebut, rombongan Komisi I DPR RI melihat secara lansung siswa/siswi yang sedang melaksanakan UNBK di ruang ujian sekolah. Siswa juga terlihat tenang ketika mengikuti pelaksanaan UNBK. (man/aan/angga)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan