logoblog

Cari

Tutup Iklan

Perpustakaan Keliling Tumbuhkan Minat Baca Warga

Perpustakaan Keliling Tumbuhkan Minat Baca Warga

Sumbawa Besar_Kepala Bidang Pembinaan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sumbawa,Syahabuddin SAP,M.Si berkunjung ke Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Sumbawa yang

Pendidikan

H.DJOKO PITOYO,S.SOS
Oleh H.DJOKO PITOYO,S.SOS
14 Maret, 2018 09:39:54
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 1054 Kali

Sumbawa Besar_Kepala Bidang Pembinaan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sumbawa,Syahabuddin SAP,M.Si berkunjung ke Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Sumbawa yang berlokasi di Kecamatan Empang untuk melaksanakan tugasnya yang membidangi perpustakaan ,dalam rangka memasyarakatkan budaya gemar membaca kepada siswa siswi Madrasah .

Kepala MTsN Sumbawa H.Abdul Latif S.Pd.M.Pd menyambut baik dan berterima kasih kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sumbawa dalam hal ini Kepala Bidang Pembinaan berkunjung di Madrasah kami dan kunjungan akan dijadwalkan setiap bulannya dan akan meminjamkan buku buku kepada perpustakaan MTsN 2 Sumbawa.

Perpustakaan keliling adalah bagian perpustakaan umum yang mendatangi Pemustaka dengan menggunakan kendaraan, secara umum perpustakaan keliling berfungsi sebagai perpustakaan umum yang melayani masyarakat yang tidak terjangkau oleh perpustakaan umum. Perpustakaan keliling ini mendatangi masyarakat yang bertempat tinggal jauh dari perpustakaan umum yang biasanya berada di pusat kota kabupaten atau kotamadya. Dengan adanya perpustakaan keliling ini memungkinkan penduduk yang tinggal jauh dari perpustakaan umum dapat memanfaatkan jasa yang diberikan oleh perpustakaan umum.

Perpustakaan keliling adalah perpustakaan yang diwujudkan dalam bentuk mobil unit sehingga dapat dipindah-pindahkan ketempat tertentu agar pemakaian perpustakaan ini menjadi luas.

Oleh sebab itu sasarannya adalah masyarakat yang tidak terjangkau oleh pelayanan , Masyarakat yang dilayani oleh perpustakaan keliling adalah masyarakat yang bertempat tinggal didaerah terpencil atau lokasinya tidak terjangkau oleh perpustakaan umum yang statis, seperti orang tahanan, orang cacat dan kelompok sejenis lainnya.

Sekolah atau instansi yang belum mempunyai perpustakaan yang menetap bisa memperoleh jasa layanan dari perpustakaan keliling, Perpustakaan keliling dapat melayani pula masyarakat pedesaan dimana belum ada pelayanan perpustakaan desa atau melayani masyarakat disuatu sekolah atau instansi yang tidak ada pelayanan perpustakaan menetap.

 Dalam melaksanakan kegiatannya melayani masyarakat penggunanya perpustakaan keliling meggunakan mobil yang berfungsi sebagai perpustakaan umum, sehingga dapat berpindah-pindah tempat untuk menjangkau pemakainya. Mobil perpustakaan keliling merupakan perpustakaan umum yang melaksanakan layanan kepada masyarakat secara berpindah-pindah sesuai ketentuan yang direncanakan dan ditentukan.

Secara operasional perpustakaan mobil keliling memberikan layanan kepada kelompok masyarakat yang karena sesuatu hal, tidak dapat menjangkau perpustakaan umum. .

 

Baca Juga :


Tujuan perpustakaan keliling adalah mengusahakan agar sebanyak mungkin warga masyarakat membaca dan memperoleh informasi (pengetahuan), sehingga dengan membaca dan mendapat informasi itu masyarakat akan menjadi masyarakat yang cerdas, mantap dan penuh kreasi.

Sasaran pelayanan perpustakaan keliling pada intinya adalah mengupayakan adanya titik temu antar pemakai dengan sumber-sumber informasi yang ada di perpustakaan, yaitu bahan pustaka yang tersedia dapat memberi arti dan bantuan yang maksimal hingga dapat mengundang masyarakat maupun individu untuk memanfaatkannya.

Hal ini sejalan dengan tujuan pelayanan perpustakaan yaitu menyediakan informasi tercetak yang terjangkau oleh masyarakat dan individu, Hal ini disebabkan perpustakaan keliling melayani semua lapisan masyarakat tanpa membedakan status sosial, ekonomi, pendidikan, kepercayaan, maupun status-status lainnya.

Semua warga masyarakat, tanpa mengenal batas usia, bebas memanfaatkan jasa perpustakaan keliling. Walaupun demikian, pada setiap kujungan perpustakaan keliling dapat mengkhususkan pada pemakai tertentu, misalnya anak prasekolah, anak sekolah, ibu rumah tangga atau kelompok tertentu (misalnya panti asuhan, lembaga pemasyarakatan, lokalisasi, dan lain-lain), tergantung pada jadwal pos dan sistem layanan yang diberikan.

Perpustakaan keliling dengan tugasnya melaksanakan pelayanan ekstensi tentunya menyelenggarakan pelayanan yang diusahakan sama dengan perpustakaan umum tapi dengan sistem yang berbeda, yaitu dengan mendatangi masyarakat penggunanya dan waktu pelayanan yang singkat disetiap persinggahannya karena pelayanan yang diselenggarakan perpustakaan keliling berbeda dengan perpustakaan menetap, maka pelayanan yang diselenggarakannya disesuaikan dengan segenap kemampuan yang dimilikinya. []



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan