logoblog

Cari

Tutup Iklan

Asa Community Buka Natural School

Asa Community Buka Natural School

KM. Sukamulia – Melihat potensi wisata yang dimiliki oleh Pantai Pondok Kerakat Sukamulia, Pemuda Desa Pohgading Timur yang tergabung dalam ASA

Pendidikan

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
23 Januari, 2018 01:08:58
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 1500 Kali

KM. Sukamulia – Melihat potensi wisata yang dimiliki oleh Pantai Pondok Kerakat Sukamulia, Pemuda Desa Pohgading Timur yang tergabung dalam ASA Community menyelenggarakan Sekolah Alam (Natural School). Sekolah ala mini dibuka atas tujuan untuk memepersiapkan pemuda dan pemudi sekitar Pantai Pondok Kerakat dalam menyongsong perkembangan Usaha Jasa di dalam dunia pariwisata sebab target dari pengembangan Wisata Pantai Pondok Kerakat bukan hanya wisatawan lokal, melainkan wisatawan regional dan internasional.

Natural School ASA Community dibuka pada Sabtu malam (21 Januari 2018). Di dalam lembaga kecil itu dikembangkan kurikulum sederhana yang garisbesarnya adalah pembelajaran mengenai dunia kepariwisataan, pembinaan bahasa inggris dan bahasa asing lainnya, pembelajaran mengenai guding, pembelajaran mengenai atraksi budaya lokal, pembelajaran mengenai budaya lokal dan budaya asing dan pembelajaran mengenai teknik pengelolaan home stay, serta trik-trik menjadi guide yang professional.

Kegiatan pembelajaran Natural School ini dilaksanakan di Sekertariat ASA Community (Kediaman Asri). Sekolah alam yang ditutori oleh Sahlim, S. Pd dan Soandi serta beberapa orang kawannya ini memiliki 21 orang peserta belajar yang kesemuanya berasal dari Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur.

Untuk tahap awal kegiatan pembelajaran, Sahlim dan Soandi memberikan materi selayang pandang penggunaan bahasa Inggris di dalam dunia guide dan trik-trik jitu belajar bahasa Inggris supaya peserta belajarnya cepat bisa berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Teknik pembelajaran yang dikembangkannya adalah teknik pembelajaran yang digunakan di Smart School Course yang dikelola di wilayah Lombok Utara, yakni belajar Bahasa Inggris Urap-Urap.

Sahlim dan Soandi beserta seluruh peserta belajarnya menyepakati jadwal belajar mereka, yakni pada setiap Selasa malam dan Sabgtu malam, mulai dari bakda Isa hingga pukul 20.30 wita. Selain itu, mereka sepakan untuk menyerahkan lima vocab (kata) beserta artinya pada setiap pertemuan. Perlu diketahui bahwa Natural School ini diselenggarakan tanpa biaya alias gratis. Jadi, peserta belajarnya hanya cukup menyiapkan waktu dan alat tulisnya. Meski dengan sarana yang serba terbatas, namun kegiatan pembelajaran awal Natural School berjalan dengan penuh keriangan.

 

Baca Juga :


Yach, semoga saja kegiatan ini berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan yang dirumuskan agar ke depannya masyarakat setempat dapat mengembangkan Aset Wisata yang mereka miliki dengan lebih professional dan demi hidupnya perekonomian warga sekitar.

_By. Asri The Gila_



 
KM. Sukamulia

KM. Sukamulia

Nama : Asri, S. Pd TTL : Sukamulia, 02 Januari 1985 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama : Islam Pekerjaan : Swasta Alamat, Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya No HP : 082340048776 Aku Menulis Sebagai Bukti Bahwa Aku Pernah Ada di Dunia

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan