logoblog

Cari

Tutup Iklan

Mahasiswa Universitas Budi Darma Palembang Study Banding Ke Masmas

Mahasiswa Universitas Budi Darma Palembang Study Banding Ke Masmas

Dalam dua bulan terakhir, intensitas turunnya hujan di Lombok Tengah terutama di bagian utara yang Masmas termasuk didalamnya mulai meningkat, hampir

Pendidikan

KM Kaula
Oleh KM Kaula
22 Januari, 2018 18:34:47
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 8221 Kali

Dalam dua bulan terakhir, intensitas turunnya hujan di Lombok Tengah terutama di bagian utara yang Masmas termasuk didalamnya mulai meningkat, hampir setiap hari hujan mulai turun, kadang pagi, kadang siang kadang juga malam, bahkan kadang juga dari pagi hingga malam, Minimal langit selalu mendung. Dan jelas ini membuat suhu menjadi lebih dingin dari biasanya. Tapi tidak demikian kondisinya di pagi kamis 18 Januari 2018, justru langitnya sangat cerah, suhunya lumayan hangat lantaran matahari sejak pagi-pagi sekali sudah mulai menerpa semesta raya guna menghangatkan semua makhluk yang masih kedinginan.

Kondisi ini tentu sangat memuaskan bagi pengelola desa wisata masmas dan para guide localnya karena pada pagi itu akan kedatangan tamu dari Mahasiswa Budi Darma Palembang yang menurut informasi dari tour guidenya saudara Rudy Lombok II berjumlah 120 orang ditambah 10 orang dosennya.

Tujuan kedatangan para mahasiswa fakultas IT itu yang didampingi para dosennya adalah dalam kerangka melihat bagaimana peran IT dalam mengendors sebuah kegiatan, yang dalam hal ini adalah “Kampung Media”. Dijadikannya Kampung Media menjadi prioritas tujuan kegiatan ini, jelas karena melihat kesuksesan Kampung Media dalam banyak hal. Mulai dari kemampuan Kampung Media mengembangkan jaringan keanggotan, Ini terlihat dari waktu yang relative singkat, yakni kurun waktu satu tahun Kampung Media yang awalnya punya target untuk membentuk 20 komunitas Kampung Media ternyata melebihi target hingga mencapai 50 komunitas Kampung Media yang kalau dirata-ratakan jumlah anggota tiap komunitas tidak kurang dari 10 orang, bahkan dalam kurun waktu yang Cuma 2 tahun saja member Kampung Media mencapai 5000 an lebih, ini adalah angka yang sangat fantastis untuk sebuah jaringan Tekhnologi sekelas Kampung Media. Dilanjutkan dengan kehandalan Kampung Media dalam mengoftimalisasi upaya kreatif warga dalam mengembangkan potensi masing-masing yang dimiliki. Desa masmas, salah satunya, dengan potensi wisata yang bisa dibilang tidak ada atau kalaupun ada  tapi kondisinya biasa-biasa saja justru bisa di up great menjadi luar biasa melalui informasi-informasi yang di publikasikan di Kampung Media .Belum lagi kalau melihat prestasi-prestasi yang sudah diraih Kampung Media baik secara Nasional maupun Internasional.

Prestasi Kampung media secara umum dan Kampung Media Kaula secara Khusus terutama sekali prestasi KM Kaula dan KM Abian Tubuh dalam Eksibisi KIM di Palembang yang berhasil menjadi lima besar nasional, ternyata menjadi alasan utama kanapa Desa Wisata Masmas yang menjadi alamat Kampung Media Kaula menjadi tujuan study banding para Calon Pakar IT itu yang sekarang sedang berada di semester 3 di universitas Budi Darma tersebut.

 

Baca Juga :


Ghirah para Mahasiswa dan dosen sangat tinggi, ini terlihat dari pertanyaan-pertanyaan mereka yang mereka ajukan pada saat sesi diskusi dibuka. Berbagai pertanyaan diajukan ke Koordinator Kampung Media yang juga menjadi pengelola Desa Wisata Masmas baik soal Kampung Media maupun tentang wisata desa, bisa dijawab dengan gamblang dan detail oleh pemilik tubuh gempal dan muka berewok itu, tentu dengan sedikit gaya humor yang diduplikasi dari guru besarnya sang kepala kampung sendiri yang memang selalu bergurau dalam keseriusan dan serius dalam gurauan sehingga audiannya tidak cepar boring alias bosan dan jemu.

Demikian tertariknya para peserta dengan konsep desa wisata yang bersinergi dengan kampung meida, salah seorang dosen yang secara kebetulan sedang menginisiasi program yang sama yaitu wisata desa langsung membooking sang creator desa wisata dengan wisata desanya untuk menjadi inspirator di Beberapa tempat di Palembang. []



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan