logoblog

Cari

Tutup Iklan

Supervisi Pelayanan Pengelolaan Kelembagaan

Supervisi Pelayanan Pengelolaan Kelembagaan

Sumbawa Besar_ Pada hari ketiga pelaksanaan Tru Out Madrasah Aliyah Negeri 1 Sumbawa dengan berbasis computer mendapat kunjungan dari Pengawas Madrasah

Pendidikan

H.DJOKO PITOYO,S.SOS
Oleh H.DJOKO PITOYO,S.SOS
10 Januari, 2018 11:15:06
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 46 Kali

Sumbawa Besar_ Pada hari ketiga pelaksanaan Tru Out Madrasah Aliyah Negeri 1 Sumbawa dengan berbasis computer mendapat kunjungan dari Pengawas Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa Drs.Muhammad Nazir,T, M.Pd, Rabu 09/01/2018.

Dalam kunjungannya selaku Pengawas Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama secara langsung melihat kesiapan perlatan / perangkat Komputer yang akan digunakan untuk Ujian Negara Berbasis Komputer (UNBK) bulan April mendatang dan bertemu dengan para proctor dan tehnisi , Alhamdulillah pelaksanaan Tryout berjalan lancar.

Dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 12 Tahun 2007 Tentang Standar Pengawas Sekolah/Madrasah, disebutkan bahwa Pengawas satuan pendidikan dituntut memiliki kompetensi supervisi manajerial dan supervisi akademik, di samping kompetensi kepribadian, sosial, dan penelitian dan pengembangan. Esensi dari supervisi manajerial adalah berupa kegiatan pemantauan, pembinaan dan pengawasan terhadap kepala sekolah dan seluruh elemen sekolah lainnya di dalam mengelola, mengadministrasikan dan melaksanakan seluruh aktivitas sekolah.

Dengan demikian diharapkan dapat berjalan efektif dan efisien dalam mencapai tujuan sekolah serta memenuhi standar pendidikan nasional. Adapun supervisi akademik esensinya berkenaan dengan tugas pengawas untuk membina guru dalam meningkatkan mutu pembelajarannya. Pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Supervisi Manajerial Esensi supervisi manajerial adalah pemantauan dan pembinaan terhadap pengelolaan dan administrasi sekolah. Dengan demikian fokus supervisi ini ditujukan pada pelaksanaan bidang garapan manajemen sekolah, antara lain meliputi: ) manajemen kurikulum dan pembelajaran,) kesiswaan,  sarana dan prasarana,  ketenagaan,  keuangan, hubungan sekolah dengan masyarakat, dan  layanan khusus.

 

Baca Juga :


Supervisi oleh pengawas satuan pendidikan, tentu memiliki misi yang berbeda dengan supervisi yang dilakukan kepala sekolah. Dalam hal ini, supervisi lebih ditujukan untuk memberikan pelayanan kepada kepala sekolah dalam melakukan pengelolaan kelembagaan secara efektif dan efisien serta mengembangkan mutu kelembagaan pendidikan.

Dalam konteks pengawasan mutu pendidikan, supervisi oleh pengawas satuan pendidikan antara lain kegiatannya berupa pengamatan secara intensif terhadap proses pembelajaran pada lembaga pendidikan dan ditindaklanjuti dengan pemberian feed back. Supervisi pada dasarnya diarahkan pada dua aspek, yakni: supervisi akademis dan manajerial. Supervisi akademis menitik-beratkan pada pengamatan supervisor terhadap kegiatan akademis, berupa pembelajaran, baik di dalam maupun di luar kelas.

Supervisi manajerial menitik beratkan pada pengamatan pada aspek-aspek pengelolaan dan administrasi sekolah yang berfungsi sebagai pendukung (supporting) terlaksananya pembelajaran. []



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan