logoblog

Cari

Tutup Iklan

Rumah Pintar, Sejuta Harapan

Rumah Pintar, Sejuta Harapan

Rumah Pintar Desa Kabar merupakan salah satu Rumah Pintar yang diresmikan 1 (satu) tahun yang lalu dan beroperasi setiap hari layaknya

Pendidikan

KM. Krens-Lotim
Oleh KM. Krens-Lotim
10 Januari, 2018 08:57:58
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 498 Kali

Rumah Pintar Desa Kabar merupakan salah satu Rumah Pintar yang diresmikan 1 (satu) tahun yang lalu dan beroperasi setiap hari layaknya pendidikan formal.

Berlokasi di Desa Kabar Kecamatan Sakra Barat Lombok Timur Rumah Pintar menjadi sarana penunjang pendidikan formal untuk masyarakat sekitar. Masyarakat dapat menggunakan Rumah Pintar sebagai tempat belajar, bermain dan berkreasi untuk anak SD/ MI, SMP/ MTs, SMA/ MA. Dan semuanya diberikan secara cuma-cuma alias gratis, tutur Ahmad Zuhri selaku pengelola Rumah Pintar.

Pembangunan Rumah Pintar di atas lahan kosong yang dulunya hanya tempat pembuangan sampah oleh masyarakat sekitar, kini menjadi tempat yang pavorit.

Menggunakan konsep cinta lingkungan. Bangunan dan sarana untuk mendidik anak-anak menggunakan barang-barang asli Indonesia dengan para pelatih handal yang siap mendidik anak - anak menjadi masyarakat yang pintar.

Beberapa program yang sedang ditekuni antara lain adalah;

1. Bimbingan Belajar Bahasa Inggris
2. Bimbingan Belajar Matemateka
3. Bimbingan Belajar Komputer
4. Bimbingan Olah Raga
5. Bimbingan Belajar Drumband

6. Alat Qasidah/Hadroh untuk meningkatkan bakat anak
7. Fasilitas Education Game
8. Play Ground
9. Reword untuk anak-anak kita yang rajin, Rp.500.000 setiap bulannya yang diberikan kepada anak dalam bentuk peralatan Sekolah dan ATK.

 

Baca Juga :


Disamping program bimbingan belajar pembimbing juga memberikan program hiburan berupa wisata alam kepada 25 orang anak dan 2 pendamping setiap minggu ke rinjani Park di Rakam Kec. Selong Lombok Timur ( antar jemput ditambah uang saku dan tiket masuk ).

Rumah Pintar Desa Kabar sudah berdiri megah. Bangunannya terbagi dalam 8 Sentra, yaitu :

Sentra Alat Permainan Edukatif : menyediakan berbagai macam alat permainan yang tidak hanya menjadi hiburan anak semata melainkan mampu mendidik anak. Anak juga belajar untuk saling berbagi, bekerja sama dan menghargai dengan anak lain.
Sentra Permainan : memberikan ilmu pengetahuan melalui permainan baik langsung maupun tidak langsung. Untuk permainan langsung, anak bisa melakukan atau mencoba alat permainan seperti lunciran, ayunan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Sedangkan permainan tidak langsung, anak dapat menikmati pemandangan dengan menyaksikan permainan teman – temannya sambil menikmati keindahan alam.

Sentra Pecinta Alam mengajak anak-anak untuk mengenal dan mencintai alam lingkungannya sedini mungkin, termasuk kegiatan hiburan ke water park Rinjani di Rakam Kec. Selong.

Sentra Komputer : menyediakan seperangkat komputer. Tujuannya untuk memperkenalkan dan mengajarkan bagaimana cara penggunaan komputer. Anak juga bisa mendapatkan banyak informasi dari dunia internet.

Sentra Buku : menyediakan berbagai macam buku serta alat tulis maupun berhitung. Tujuannya untuk mengembangan kemampuan intelektual anak, motorik kasar-halu, koordinasi mata-tangan, belajar ketrampilan sosial seperti memecahkan masalah

Rumah pintar yang baru 2 (dua) tahun berjalan ini sudah banyak mencetak hasil terbukti dengan berhasilnya peserta bimbingan pada lomba ahir tahun rumah pintar desa kabar "lomba menuju anak cerdas dan kreatif tanpa ekploitasi" bahkan sampai ke tingkat Kabupaten Lombok Timur.

Kami sangat berharap untuk program serupa , bisa dikembangkan ditempat lain untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan terutama anak – anak remaja. []



 
KM. Krens-Lotim

KM. Krens-Lotim

KRens-Lotim lahir sekitar akhir tahun 2009, di Rensing Kec. Sakra Barat Lotim Ponggawanya : Muh. Amin, S. Pd ( Ketua ), Chairil Anwar, S. HI ( anggota ) e-mail: mabiwa_nwrensing@yahoo.com HP: 081916354961, 082341828093

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan