logoblog

Cari

Tutup Iklan

Belajar Aksara Mbojo: Cara Menulis Huruf Konsonan Dan Diftong Gandeng E

Belajar Aksara Mbojo: Cara Menulis Huruf Konsonan Dan Diftong Gandeng E

Assalamualaikum dou mbojo yang sedang belajar menulis aksara Mbojo...!!! Beberapa hari yang lalu sejak dirilisnya kepermukaan aksara Mbojo, saya menemukan masih banyak para

Pendidikan

Agus Mulyadin
Oleh Agus Mulyadin
07 Januari, 2018 21:33:54
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 3020 Kali

Assalamualaikum dou mbojo yang sedang belajar menulis aksara Mbojo...!!!

Beberapa hari yang lalu sejak dirilisnya kepermukaan aksara Mbojo, saya menemukan masih banyak para pembelajar aksara Mbojo yang masih keliru. Keliru dalam menulis aksara Mbojo menggunakan komputer atau telepon pintar alias smartphone-nya. Salah satunya adalah pengetikan huruf konsonan atau diftong yang bergandengan dengan vokal 'e'. Contohnya seperti penulisan atau pengetikan huruf "be, ce, de, fe, ge, nce, mpe, nde" dan seterusnya. Untuk belajar menulis atau mengetik aksara Mbojo perlu adanya ketelitian. Bagi saya, untuk menguasai bagaimana cara menulis maupun cara pengetikanya dalam komputer dan smartphone yaitu cukup dengan mengenal dan paham terhadap huruf-perhurufnya. Dan yang tidak kalah penting adalah paham dasarnya, seperti penempatan tanda vokal, huruf dobel dan tanda kata ulang.

Selanjutnya perhatikan gambar berikut ini!

Jika Anda sudah paham dengan gambar di atas, maka saya ucapkan selamat! dan jika Anda belum paham dengan gambar di atas, maka perhatikan ulasannya berikut ini.

Yang sering menjadi kekeliruan dalam pengetikan pada komputer atau smartphone adalah mengetiknya seperti pengetikan/penggunaan huruf latin. Contohnya dalam penulisan kata kenteditulis/diketik seperti biasa, padahal pengetikan kata kente seharusnya diketik kemudian diikuti k, edan huruf kapital t (T). Jadi, pengetikan kata kente menjadi ekeT. Contoh selanjutnya adalah pada kata salence, cara pengetikannya yaitu s e l e C.

Berikut ini beberapa kata dan cara pengetikannya;

1. gese = eges

2. pere = eper

 

Baca Juga :


3. senen = esennx

4. rese = eres

5. mehe = emeh

6. mpende = ePeD

7. ngenge = eNX

8. nggente = eGeT

Demikianlah cara pengetikan huruf yang bergandengan dengn vokal e, jika ada yang belum paham dengan penjelasan singkat ini bisa komentar dibawah ini atau langsung mengubungi kontak penulis. Terimakasih atas kunjungan anda, semoga tulisan ini sedikit bisa membantu. 



 
Agus Mulyadin

Agus Mulyadin

Orang Kampung Yang Baru Sadar Indahnya Belajar - Sedang Belajar Menulis Yang Bukan Abal-abal - Blog Saya http://www.nabilagusm.club/

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan