logoblog

Cari

Tutup Iklan

Sekolah Adat Bayan Mulai Terima Peserta Didik

Sekolah Adat Bayan Mulai Terima Peserta Didik

Setelah pembukaan Sekolah Adat Bayan pada tanggal 20 Desember 2017, pengelola mulai membuka penerimaan peserta didik mulai dari awal Januari 2018.

Pendidikan

Renadi
Oleh Renadi
03 Januari, 2018 21:56:05
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 3272 Kali

Setelah pembukaan Sekolah Adat Bayan pada tanggal 20 Desember 2017, pengelola mulai membuka penerimaan peserta didik mulai dari awal Januari 2018. Pendaftaran akan ditutup sampai setiap kelas atau kelompok belejar terpenuhi, yaitu dengan standar minimal 10 orang setiap kelas atau program pembelajaran.

Terdapat 9 kelas atau program pembelajaran yang dibuka, yaitu musik bambu (rindik dan cungkilik), tembang/baca lontar, pengetahuan dasar tentang Masyarakat Adat Bayan, seni Gegerok Tandak, Suling Dewa,  genggong, tenun Bayan, diskusi terbuka untuk umum, bahasa inggris dan periwisata.

Sebenarnya masih ada pembelajaran lagi yang belum bisa dilakukan atau dibuka di Sekolah Adat Bayan yaitu tentang arsitektur, pertanian, dan awik-awik atau hukum lokal. Belum maksimalnya program pembelejaran yang dilakukan di Sekolah Adat Bayan ini disebabkan karena belum adanya sumber dana yang mampu mebiayai, dan juga belum memiliki kurikulum yang pasti. Walupun demikian, pengurus bersama para tokoh yang ada di Masyarakat Adat Bayan tetap akan membuka pembelajaran secepatnya, karena memang harus segera para generasi untuk belajar tentang diri dan lingkunganya.

Standar pembelajaran atau pengetahuan yang akan disampaikan pada setiap kegiatan pembelajaran adalah sebatas pengetahuan yang dimiliki oleh para tokoh atau pelaku Adat Bayan, yang kemudian akan di translit oleh tenaga pendidik lain yang memang memahami tentang pembasan atau metri yang disampaikan. Hal ini dilakukan karena tidak semua pejabat adat yang mampu berbahasa Indonesi dengan baik.

Peserta didik yang mau belajar tentang tradisi dan budaya Bayan adalah dari para pemuda dan juga Masyarakat Bayan, bahkan dari pihak luarpun bisa ikut dalam setiap pembelajaran. Sekolah Adat Bayan memang dibentuk semua kalangan dan kelompok masyarakat luas.

 

Baca Juga :


Waktu pembelajaran hanya 1,5 jam, dan itu dilaksanakan pada sore hari. Pembelajaran disore hari diambil untuk tidak mengganggu kegiatan pembelajaran para peserta didik yang ada di sekolah-sekolah formal.

Bagi Anda atau siapa saja yang mau belajar bersama tentang Masyarakat Adat Bayan bisa langsung mendaftarkan diri di Balai Pusaka Sebaya Tanta (Sekretariat Sekolah Adat Bayan), Desa Karang Bajo, Kecamatan Bayan – Lombok Utara. Informasi lengkap tentang pendaftaran bisa menghubungi saya Renadi (081917901440), Kertadi (085338598292), Lalu Agusman Ali (082339877715) dan Sumadim (087855026462). []



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan