logoblog

Cari

Tutup Iklan

Smart School On Study Tour

Smart School On Study Tour

KM-POKER_Kursus bahasa inggris tidak akan apdol jika dalam lembaga tersebut tidak mengadakan study tour. Smart school course menyambung plajaran yang telah

Pendidikan

KM. Pondok Kerakat
Oleh KM. Pondok Kerakat
12 Desember, 2017 11:04:23
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 5338 Kali

KM-POKER_Kursus bahasa inggris tidak akan apdol jika dalam lembaga tersebut tidak mengadakan study tour. Smart school course menyambung plajaran yang telah diberikan didalam kelas ke lapangan. Hal ini ditujukan untuk memberikan pelajaran yang bersifat experience kepada peserta kursus sehingga wawasan mereka meluas dan tidak terpaku pada materi/ teori dikelas saja.

Pada kegiatan ini, Sahlim yang sebagai pengelola kursus memberikan leluasa kepada peserta didiknya dalam mengungkapkan based skill mereka kepada native speaker (pengguna asli bahasa inggris). Sehingga para peserta didik akan benar-benar menggunakan skill mereka dalam berkomunikasi sesuai dengan gaya dan bahasa yang mereka rancang sendiri.

Pada hari minggu kemarin (10/12/17), Sahlim membawa peserta didiknya ke tourist resort setempat (air terjun singgang gile dan tiu kelep). Sebelum pemberangkatan, peserta didik di bekali dulu dengan penguasaan kosa kata (vocabulary), percakapan serta ungkapan-ungkapan yang digunakan dalam berkomunikasi dengan native speaker. Namun dia menegaskan bahwa apa yang telah dipersiapkan tidak akan semuanya sesuai dengan ungkapan yang ada dalam buku-buku yang mereka pelajari selama 3 bulan terakhir ini.

Selanjutnya pada hari tersebut, pengelola kursus membagi mereka kedalam dua kelompok sebelum dibagi kedalam kelompok-kelompok kecil. Peserta kursus yang dinilai lebih dalam penguasaan (mental dan bercakap) dijadikan sebagai leader pada kelompok-kelompok kecil, sedangkan peserta yang diniali kurang dalam penguasaan itu dijadika sebagai anggota. Anggota akan dibimbing oleh leader untuk menghindari miss communication ketika mereka sedang berpapasan (face to face) dengan pengunjung yang mereka ajak berkomunikasi.

Cara tersebut dilakukan agar semua peserta yang mengikuti study tour (16 orang) dapat menunjukkan skill mereka dengan lugas agar mereka mendapatkan kepuasan dalam bercakap-cakap dengan tamu-tamu manca Negara yang mereka temui. Dari 15 peserta yang mengikuti kegiatan tersebut, mereka dibagi menjadi lima kelompok. Lima diantara mereka dijadikan sebagai leader. Sedangkan 10 peserta yang lainnya dijadikan sebagai anggota dari leader.

 

Baca Juga :


Sedangkan Sahlim yang sebagai Pembina dalam kursus tersebut tugasnya hanya mengawasi anak didiknya dari jauh. Setiap kelompok diminta untuk memanfaatkan handphone genggamnya untuk merekam kegiatan (conversation) yang mereka lakukan dengan tourist yang mereka temukan dan mereka ajak berbicara.

Dalam kegiatan yang diselenggarakan pada hari minggu kemarin ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada peserta dalam menguasai kosa kata (vocabulary), grammar, speaking skill serta mental. Peserta didik dibebaskan dalam menentukan topic yang mereka akan bicarakan dengan lawan bicaranya (visitor). Inipun tujuannya agar course participant leluasa mengembangkan kosa kata yang mereka kuasai.

Dan akhirnya, study tour yang dimulai dari pukul 09:30 am hingga 14:00 pm berlangsung dengan baik dan memuaskan. Setiap peserta didik mengantongi rekaman video yang berdurasi lima menit. Rekaman tersebut akan dijadikan sebagai bahan diskusi didalam kelas. Rekaman-rekaman tersebut satu persatu akan diputarkan kepada peserta didik saat belajar. Dan dikoreksi bersama agar pada study tour yang akan datang (3 bulan 1x) para peserta didik benar-benar serius dalam mempersiapkan diri mereka (belajar) sebelum study tour slanjutnya dilaksanakan. []



 
KM. Pondok Kerakat

KM. Pondok Kerakat

Nama : Sahlim TTL: Sukamulia, 31 Desember 1990 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama: Islam Pekerjaan: Swasta Alamat; Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya Kab. Lotim No HP: 085-337-389-991/081918295283

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan