logoblog

Cari

Tutup Iklan

Apanya Yang Hebat Jika Tidak Diketahui Orang Banyak

Apanya Yang Hebat Jika Tidak Diketahui Orang Banyak

“Kalau kita bicara informsi dan komunikasi tidak ada sesuatu yang mampu membuat orang itu lupa baik itu mainset atau pola pikir

Pendidikan

Asrobi Abdihi
Oleh Asrobi Abdihi
09 Desember, 2017 09:16:43
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 3918 Kali

“Kalau kita bicara informasi dan komunikasi tidak ada sesuatu yang mampu membuat orang itu lupa baik itu mainset atau pola pikir maupun perilaku dan perbuatannya tanpa informasi dan komunikasi. Komunikasi itu kan bagaimana kita merubah orang lain di luar kita agar berubah sesuai dengan yang kita harapkan paling tidak cara berfikir mereka sama dengan cara berfikir kita atau pengetahuan mereka sama dengan pengetahuan kita, ini tentunya di informasi dan komunikasi. Dunia ini tidak akan bisa semarak atau hebat tanpa informasi dan komunikasi”. Kata Kadiskominfo Kota Mataram, H. Lalu Junaidi saat membuka Bimbingan Teknis Jurnalis yang di ikuti oleh Kelompok Informasi MAsyarakat Mentaram (KIM2) se-Kecamatan Kota Mataram di ruang kenari II lantai III Kantor Walikoa Mataram tadi pagi. (8/12/2017)

Kelompok Informasi MAsyarakat Menteram saat ini menjadi sesuatu yang luar biasa yang mampu berperan merubah segala sesuatu yang ada di masyarakat.

“Kita bisa berkreasi melalui informasi dan teknologi dengan membuka website, E-Commerce (jualan online) dan lain sebagainya,” lanjutnya

Alasan kenapa harus diadakan bimtek ini, lanjut Junaidi, untuk memberikan arahan dan bimbingan agar tidak salah dalam menggunakan teknologi yang begitu canggih untuk hal-hal yang tidak diharapkan. KIM2 ini diharapkan sebagai Keep person, opinion leader, pembuka pendapat yang akan bisa menterjemahkan hal-hal yang baik untuk kemaslahatan masyarakat yang diberikan contoh, diajak masyarakat untuk berbuat sekaligus untuk mempublikasikan apa-apa yang ada dimasyarakat sehingga diketahui oleh publik yang sifatnya positif.

“Tidak akan ada artinya jika sesuatu yang hebat namun hanya kita yang tahu, itu tidak akan punya hasil apapun. Tapi jika diketahui oleh orang banyak, itu akan menjadi sesuatu yang luar biasa, bisa menjadi contoh atau monivasi bagi orang lain untuk megikuti sesuatu yang hebat itu”. Tegas H.Lalu Junaidi

Wartawan senior RRI tahun 1968, juga Komisioner Penyiaran di daerah sekaligus Dewan Pengawas LPP Suara Kota Mataram Haji Ibnu Hadjar, AS, dalam paparannya mengatakan bahwa seorang jurnalis harus mempunyai landasan Dasar diantaranya meningkatkan daya saing di bidang jasa penyiaran, Meningkatkan mutu pelayanan jasa penyiaran. Menjamin penyiaran yang ekonomis dan bermanfaat bagi rakyat, bangsa dan negara.

Adapun maksud dan tujuan Jurnalistik, kata Ibnu Hadjar adalah dalam menyelenggarakan penyiaran yang independen, netral, profesional dan mandiri, serta program siaran berorentasi kepada masyarakat dan tidak semata mencari keuntungan. Serta memiliki kegiatan usaha Jasa penyiaran publik dalam bidang informasi, pendidikan dan hiburan serta usaha terkait lainnya.

 

Baca Juga :


Sedangkan Jurnaslis di radio harus menjadikan radio sebagai penyiaran publik yang independen, netral, profesional dan mandiri. Memberikan pelayanan informasi, pendidikan dan hiburan kepada semua lapisan masyarakat. Ikut mencerdaskan kehidupan bangsa dan mendorong terwujudnya masyarakat informasi.Meningkatkan kesadaran bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang berdemokratis dan berkeadilan, serta menjunjung tinggi supremasi hukum hak asasi manusia.Merekatkan kesatuan dan persatuan bangsa.Melaksanakan kontrol sosial. Mengembangkan jati diri dan budaya bangsa.

Selain itu mewujudkan Radio Publik yang “Didengar dan Dibutuhkan” Publik Perlu Kejelasan, Format stasiun (format berita, informasi, hiburan atau campuran, Visi dan misi, Segmentasi pendengar (perlu penelitian khalayak), Posisi stasiun, Identitas call, Identitas jenis music, dan lain-lain.

“Seluruh produksi siaran harus mengacu pada “Landasan Dasar” maksud dan tujuan, serta visi dan misi organisasi,format stasiun maupun segmentasi audience,” Kata Ibnu Hadjar menutup materinya.

 

 



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan