logoblog

Cari

Tutup Iklan

SMANSA Miliki Program Sisterschool

SMANSA Miliki Program Sisterschool

Nama SMA 1 Mataram (Smansa) tentunya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Nusa tenggara Barat (NTB). Salah satu SMA Favorit di

Pendidikan

Nadya Elya
Oleh Nadya Elya
22 November, 2017 11:06:03
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 1310 Kali

Nama SMA 1 Mataram (Smansa) tentunya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB). Salah satu SMA Favorit di NTB ini merupakan SMA yang menjadi incaran para bakal calon siswa SMA dari berbagai penjuru daerah di NTB.

Segudang prestasi dimilki sekolah ini. Para siswa mengukir prestasi dari level regional sampai Internasional. Sekolah yang terletak di sudut kota Mataram ini menerapkan sistem pembelajaran yang berbeda dari sekolah lainnya di NTB.

Sekolah ini memiliki satu program khusus  yang disebut dengan Sisterschool. Program ini merupakan program yang dicanangkan sejak 9 tahun silam. Salah satu program yang telah lama diterapkan di sekolah ini merupakan kiat membentuk siswa-siswi unggulan.

Sisterschool ada sejak 2009.” Ungkap Ida Ayu Wayan Puniawati salah satu Guru pendamping kepada Tim Media Diskominfotik NTB , Senin (20/11).

Untuk meningkatkan mutu pendidikan, Smansa bermitra dengan beberapa sekolah di Australia. Smansa menjalin kerja sama dengan tiga sekolah di Australia, yakni Matthew Flinders Girls Secondary College, Newcomb Secondary College dan Surf Coast Secondary College.

Setiap sekolah mitra menawarkan program yang berbeda. Matthew Flinders Girls Secondary College merupakan sekolah khusus putri dengan pembelajaran Bahasa Indonesia dan Food Industry. Selain itu Newcomb Secondary College memiliki program Glass Art Class. Surf Coast Secondary college merupakan sekolah surfing yang juga dengan beberapa program lainnya. Ketiga sekolah merupakan sekolah-sekolah swasta yang ada di Australia.

"Kami mengirimkan 10 siswa ke 3 sekolah tersebut." Imbuhnya.

Program ini merupakan program studi banding, Smansa mengirimkan 10 siswa terbagi ke 3 sekolah mitra. Begitupun dengan 3 sekolah mitra juga mengirimkan 10 siswa dan 2 pendamping ke Smansa.

Smansa sharing ilmu dengan siswa-siswi dari Australia. Selain itu sekolah favorit ini juga menawarkan city tour untuk para siswa-siswi Australia sebagai salah satu kiat pengenalan budaya.

 

Baca Juga :


Untuk tahun 2017. Smansa mendatangkan 10 siswa Surf Coast Secondary College pada bulan Agustus tahun ini, sedangkan pada bulan selanjutnya 10 siswa dan 2 pendamping asal Newcomb Secondary College mengunjungi Smansa tepatnya bulan September lalu.

Smansa tentunya memiliki program khusus yang telah disepakati dengan sekolah mitra. Termasuk penyediaan tempat tinggal beserta keluarga yang siap menampung. Di Indonesia para pelajar Australia harus dapat beradaptasi dengan lingkungan tempat tinggal. Para pelajar juga harus sepakat dengan jangka waktu yang ditentukan.

Tahun ini siswa-siswi asal Australia berkunjung selama satu minggu sampai 12 hari dengan menjalankan beberapa program dari Smansa. Yang paling ditekankan dalam program ini selain sharing ilmu tentang budaya Indonesia, Bahasa juga diajarkan kepada setiap siswa.

Begitupun dengan siswa Smansa yang dikirim ke Australia. Syarat utama selain lihai dalam berbahasa Inggris adalah dapat beradaptasi dengan lingkungan tempat tinggal di Australia. Setiap siswa yang akan dikirim ke Australia harus menyepakati beberapa kesepakatan dan regulasi dengan sekolah mitra.

“Kami mengirim 10 siswa beserta 2 pendamping selama 14 hari di Australia,” ujarnya.

Selama 14 hari, pelajar Smansa belajar beberapa pelajaran yang ada di setiap sekolah dengan sistem pendidikan yang ada di Australia. Australia menerapkan sistem pendidikan berbasis teknologi dan digital.

“Semua pelajaran yang ada menggunakan teknologi sebagai penunjang,” ungkap Priskila Aprianti salah satu representasi sisterschool dari Smansa. (Nadya/Aan)



 
Nadya Elya

Nadya Elya

Proud Indonesian, Worker by day email : nadyaelyanp@gmail.com

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan