logoblog

Cari

Tutup Iklan

K-13 Revisi Tuntut Guru Jeli Menganalisis Ki-kd

K-13 Revisi Tuntut Guru Jeli Menganalisis Ki-kd

KM. Sukamulia - Kamis (26 November 2017) kelompok Guru Mata Pelajaran Sejarah Indonesia SMK wilayah Kabupaten Lombok Timur laksanakan MGMP

Pendidikan

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
16 November, 2017 23:29:42
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 4750 Kali

KM. Sukamulia - Kamis (26 November 2017) kelompok Guru Mata Pelajaran Sejarah Indonesia SMK wilayah Kabupaten Lombok Timur laksanakan MGMP Guru Sejarah Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan di SMK NW Anjani yang berlangsung dari pukul 09.00 wita hingga pukul 13.00 wita. Di awal kegiatan MGMP Guru Sejarah Indonesai SMK Lotim ke-3 ini, pemateri menyampaikan materi mengenai pentingnya analisis yang jeli dalam penyusunan prangkat pembelajaran pada Kurikulum 2013 Revisi, terutama dalam menganalisis KI-KD dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK).

Pada pertemuan ke-3 ini, MGMP Guru Sejarah Lotim membahas agenda Penyususnan Prota dan Promes yang awalnya di dalam undangan disampaikan bahwa agenda yang akan di bahas adalah penyususunan Silabus Mengajar dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Namun karena pada pertemua ke-2 yang dilaksanakan pada bulan lalu, pembahasan masalah Prota dan Promes belum selesai, maka itu dislesaikan pada petemuan kali ini sehingga pertemuan kali ini difokuskan untuk menyelesaikan pembagian Kompetensi Dasar, Perhitungan Minggu dan Hari Efektif, Penyususnan Program Tahunan dan Program Smester.

Budiana dan Insan Karisma, selaku pemateri menyampaikan bahwa pada kurikulum 2013 revisi ini Mata Pelajaran Sejarah Indonesia di SMK hanya memiliki 13 Kompetensi Dasar yang hanya diajarkan di kelas X (sepuluh) saja dengan 108 Jam Pelajaran  dalam satu tahun. Disampaikan juga bahwa dalam penyususnan perangkat pembelajaran k-13 revisi, hal terpenting yang harus dilakukan adalah menganalisa KI dan KI sehingga setiap guru diharuskan mampu menganalisa supaya ia dapat menyusun perangkat pemebelajarannya dengan baik.

Dalam sambutannya selaku pengkoordinir MGMP Guru Sejarah kali ini, Insan Karisma (Guru Sejarah Indonesia SMK Kotaraja) pentingnya untuk menganalisa KD untuk menyusun Indikator pencapaian tersebut. “Hal tersulit dalam penyusunan perangkat pembelajaran adalah analisa KD untuk menyusun Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK). Di dalam penyususnan IPK diperlukan pemahaman mengenai Kata Kerja Oprasional sebab IPK lahir dari hasil menganalisa KD yang penyususnannya harus memperhatikan Kata Kerja Oprasional,” ungkapnya

 

Baca Juga :


Setelah memberikan sambutan, kegiatan dilanjutkan kepada perhitungan Hari dan Minggu Efektif Belajar, penyususnan Program Tahunan dan Program Smester. Kegiatan ini dikoordinir oleh Budiana (Guru SMK Negeri Sikur) yang juga bertugas sebagai tutor dalam pelaksanaan Pelatihan K-13 2017. Kegiatan yang diikuti oleh 35 orang Guru Sejarah SMK Loti mini berlangsung dengan lancar sehingga pada sekitaran pukul 12.30 wita, Prota dan Promes Mata Pelajaran Sejarah Indonesia tersusun dengan baik atas hasil kesepakatan seluruh anggota MGMP Sejarh Indonesia SMK Lotim dan kegiatanpun diahiri pada pukul 13.00 wita.

Sebelum kegiatan itu ditutup, peserta MGMP Guru Sejarah Lotim menyepakati jadwal pertemuan berikutnya, dimana Pertemuan ke-4 akan dilaksanakan pada minggu ke-3 Desember dengan lokasi di SMK Gunung Rinjani Gapuk dan Pertemuan ke-5 akan dilaksanakan pada minggu ke-3 Januari 2018 dengan lokasi di SMK Juang Wanasaba.

_By. Asri The Gila_



 
KM. Sukamulia

KM. Sukamulia

Nama : Asri, S. Pd TTL : Sukamulia, 02 Januari 1985 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama : Islam Pekerjaan : Swasta Alamat, Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya No HP : 082340048776 Aku Menulis Sebagai Bukti Bahwa Aku Pernah Ada di Dunia

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan