logoblog

Cari

Tutup Iklan

Etimologi dan Produk Multimedia

Etimologi dan Produk Multimedia

SUMBER BELAJAR PENUNJANG PLPG 2017   MATA PELAJARAN/PAKET KEAHLIAN   MULTIMEDIA         BAB I   ETIMOLOGI DAN PRODUK

Pendidikan

KM. Sambang Kampung
Oleh KM. Sambang Kampung
12 November, 2017 20:07:23
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 1173 Kali

SUMBER BELAJAR PENUNJANG PLPG 2017

MATA PELAJARAN/PAKET KEAHLIAN

MULTIMEDIA

BAB I

ETIMOLOGI DAN PRODUK MULTIMEDIA

 

 

 

 

 

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DIREKTORAT JENDERAL GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN 2017

 

Kompetensi Dasar:

 

  • Mendeskripsikan tentang multimedia
  • Mendeskripsikan produk-produk multimedia

Materi Pokok

  • Etimologi multimedia
  • Produk-produk multimedia

 

A. Pengertian Multimedia

Multimedia berasal dari dua kata dalam bahasa Latin, yaitu multi dan medium. Multi berarti bermacam-macam atau banyak. Medium berarti sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu.

 

Secara terminologi (menurut istilah) multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan berbagai media yang berbeda secara terintegrasi, untuk membawa atau menyampaikan informasi dalam bentuk teks, grafik, animasi, audio, video dan atau gabungan dari beberapa komponen tersebut.

Beberapa definisi menurut para ahli:

  1. Kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996).
  1. Kombinasi dari tiga elemen : suara, gambar dan teks (McComick, 1996).
  1. Kombinasi dari paling sedikit dua media input dan output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik, dan gambar (Turban dan kawan-kawan, 2001).
  1. Multimedia dalam konteks komputer (Hofstetter, 2001), adalah pemanfaatan kom-puter untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan meng-gunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi dan berkomuni-kasi.

 

Dari beberapa definisi di atas, dapat disimpulkan multimedia adalah penggunaan beberapa media untuk membawa, menyajikan, dan mempresentasikan informasi dalam rupa teks, grafik, animasi, audio, video secara kreatif dan inovatif. Multimedia juga dapat memungkinkan terjalinnya hubungan interaktif antara penyaji dengan pemanfaat informasi yang ada di dalamnya.

 

Multimedia dapat dibagi menjadi 2 (dua) kategori, yaitu: multimedia content pro-duction dan mult imediacommunication.

 

  1. Multimedia content production

Adalah penggunaan dan pemrosesan beberapa media (teks, audio, grafik, ani-masi, video, dan interaktivitas (interactivity) yang berbeda untuk menyampaikan infor-masi atau menghasilkan produk multimedia (musik, video, film, game, entertainment, dan lain-lain). Atau penggunaan sejumlah teknologi yang berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media (teks, audio, grafik, animasi, video, dan interaktivitas (interactivity) untuk tujuan komunikasi.

Dalam kategori ini media yang digunakan adalah:

  • Media Teks
  • Media Audio
  • Media Video
  • Media Animasi
  • Media Graph/Image
  • Media Interactivity
  • Media Special Effect

 

  1. Multimedia communication

 

Adalah penggunaan media (masa), seperti: televisi, radio, media cetak, dan In-ternet, untuk mempublikasikan/menyiarkan/mengkomunikasikan material advertising, public-city, entertaiment, news, education, dan lain-lain. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah:

  • Televisi (TV)
  • Radio
  • Film
  • Cetak
  • Musik
  • Game
  • Entertainment
  • Tutorial
  • ICT (Internet)

 

B. Komponen Multimedia

Komponen multimedia dapat berupa: teks, grafik, audio, video, dan animasi.

1. Teks

Tampilan dalam bentuk teks atau yang lebih dikenal dengan istilah tipografi merupakan elemen yang cukup penting dalam pembuatan multimedia. Sebagian besar multimedia menggunakan teks, karena sangat efektif untuk menyampaikan ide dan panduan kepada pengguna. Teks merupakan bentuk data multimedia yang paling mudah disimpan dan dikenali, serta file teks mempunyai struktur yang sederhana. Teks biasanya mengacu pada kata, kalimat, alinea, dan segala sesuatu yang tertulis atau ditayangkan.

2.  Grafik (Gambar)

Grafik atau gambar merupakan sarana pembentukan informasi yang lebih mudah untuk dipahami. Gambar juga merupakan salah satu komponen penting dalam multimedia karena dapat meringkas dan menyajikan data kompleks serta mampu menyampaikan banyak kata. Gambar dalam publikasi multimedia lebih menarik perhatian dan dapat mengurangi kebosanan dibandingkan dengan teks, sebab manusia selalu berorientasi terhadap visual.

3.  Audio

 

Teknologi audio juga berperan penting dalam penyampaian informasi, tanpa adanya audio dalam sebuah multimedia maka hasilnya tidak lengkap. Suara atau audio di dalam multimedia biasanya berupa suara musik, suara dari voice record dan efek– efek suara lain.

 

 

Baca Juga :


4.  Video

Video adalah gambar–gambar yang saling berurutan, sehingga menimbulkan efek gerak. Pembuatan video dalam tampilan multimedia bertujuan untuk membuat tampilan yang dihasilkan lebih menarik.

5.  Animasi

Animasi merupakan kumpulan gambar yang ditampilkan secara bergantian dan berurutan sehingga terlihat bergerak dan hidup. Pergerakan animasi akan lebih mudah dimengerti daripada objek atau gambar diam. Selain itu, animasi lebih menarik dan mudah dimengerti daripada hanya sekedar gambar karena lebih komunikatif dalam menyampaikan suatu tujuan.

 

C. Produk Mutimedia

 

Multimedia adalah media yang menggabungkan 2 (dua) unsur atau lebih media, yang terdiri dari: teks, grafik, gambar, foto, audio, dan animasi secara terintegrasi. Multi-media terbagi menjadi dua kategori, yaitu: multimedia linear dan multimedia interaktif.

 

1. Multimedia Linear

Multimedia linear dimulai dari satu posisi awal menuju ke posisi akhir, dengan sedikit atau tanpa interferensi pemakai. Contoh, misal: televisi, film, majalah, dan koran. Pemakai hanya menjadi penonton dan menikmati produk multimedia yang disajikan dari awal hingga akhir.

 

   

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 1.1 Diagram Multimedia Linear Ciri-ciri dari multimedia linear, yaitu:

 

    • Sederhana.
    • Bersifat logikal.
    • Ideal untuk produk yang kecil.

 

  1. Multimedia Interaktif

 

Multimedia interaktif adalah integrasi digital antara teks, grafik, animasi, audio, gambar tak bergerak (still images), dan bergerak (motion video), dimana disediakan kontrol terhadap konten dan interaksi tingkat tinggi bagi pemakai individu dan aplikasi multimedia. Contoh, misalnya: game, multimedia pembelajaran, dan website. Pengguna dapat mengontrol apa dan kapan elemen-elemen multimedia akan dikirimkan atau ditampilkan.

Ciri-ciri multimedia interaktif, adalah:

  • Bersifat non-linear
  • Ada unsur interaktif didalamnya
  • Pengguna menentukan apa, kapan dan bagaimana konten ditampilkan Multimedia interaktif terbagi menjadi dua, yaitu :
  1. Hierarchycal, dimana pemakai memiliki pilihan, tetapi topik-topik dapat dibagi lagi menjadi subtopik yang lebih spesifik.

 

 

 

 

   

Gambar 1.2 Diagram Multimedia Hierarchycal

  1. Non-linear, yang memungkinkan pemakai untuk bebas bergerak dalam melihat isi ma teri dengan cara berinteraksi. Tidak ada hierarchy yang dipaksakan, pemakai dapat bergerak bebas ke dalam materi manapun.

Gambar 1.3 Diagram Multimedia Non Linear

Untuk membuat multimedia interaktif diperlukan konsep dasar media yang akan dibuat (meliputi materi dan pesan yang ingin disampaikan), layout atau desain dan sistem navigasi (mapping).

Sajian Sumber Belajar ini disusun untuk kepentingan belajar, yang dirujuk/disa-lin/disarikan/diadaptasi dari:

Rahayu. 2013. Desain Multimedia untuk SMK/MAK kelas XI Semester 1. Jakarta: Ke-menterian Pendidikan dan Kebudayaan.

Bhatnagar, G., Shikha Mehta, S., dan Mitra, S. (Eds.). 2002. Introduction to Multimedia Systems. San Diego: Academic Press.

Marshall, D. dan Sidorov, K. 2016. BSc Multimedia (CM3106) PDF Lecture Notes and Slides. (Online). (http://users.cs.cf.ac.uk/Dave.Marshall/Multimedia/PDF/), diakses 23 Maret 2017.

Swiss Higher Education. 2017. Introduction to Multimedia Cartography. (Online). (http:// www.e-cartouche.ch/ content_reg/ cartouche/ histcarto/ en/ html/ index.html), diakses 23 Maret 2017.



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan