logoblog

Cari

Tutup Iklan

Tidak Mau Berdoa Berarti Sombong

Tidak Mau Berdoa Berarti Sombong

Sumbawa Besar_Inmas, Madrasah Aliyah Negeri 1 Sumbawa, dalam kegiatan Pembacaan Asmaul Husna dan Doa Bersama secara bergiliran dan dijadwalkan sesuai giliran

Pendidikan

Tidak Mau Berdoa Berarti Sombong

Tidak Mau Berdoa Berarti Sombong

Tidak Mau Berdoa Berarti Sombong

H.DJOKO PITOYO,S.SOS
Oleh H.DJOKO PITOYO,S.SOS
12 Oktober, 2017 12:07:23
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 1302 Kali

Sumbawa Besar_Inmas, Madrasah Aliyah Negeri 1 Sumbawa, dalam kegiatan Pembacaan Asmaul Husna dan Doa Bersama secara bergiliran dan dijadwalkan sesuai giliran masing masing kelas, yang dipandu oleh salah seorang siswa dan secara rutinitas ini dilaksanakan sebelum mulai masuk kelas dan sebelum mulai kegiatan belajar diruangan, doa bersama yang diawali mulai pukul 06.45-07.00 ini bertujuan untuk semata mata pembiasaan siswa siswi untuk selalu berdoa sebelum memulai pelajaran , Kamis , 12/10/2017.

Setiap manusia pasti pernah melakukan perbuatan yang disebut dengan berdoa merupakan salah satu bentuk ikhtiar atau usaha untuk memohon dan meminta sesuatu kepada Tuhan. Doa ini berhubungan langsung dengan Tuhan.dalam Islam, berdoa merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan,karena hanya Tuhan lah yang Maha Luas, Maha segala-galanya yang berhak memberikan segala sesuatu untuk hamba-hamba-Nya atau ciptaan-Nya. Sehingga dalam Islam, orang yang tidak mau berdoa berarti ia sombong.

Dia merasa bisa melakukan sesuatu tanpa adanya pertolongan dari Sang Maha Kuasa. Padahal semua yang dilakukan manusia, bisa atau tidak, baik atau buruk, berhasil atau gagal, semuanya karena Allah. Jadi berdoa itu artinya menyeru, mengucap, memanggil. sedangkan secara istilah “doa” adalah suatu permohonan atau permintaan dan ucapan kepada Allah SWT sebagai penguasa alam semesta, seperti contoh: meminta ampunan, pertolongan dari hal-hal yang ditakutkan, keselamatan hidup, ucapan rasa bersyukur, minta diberikan rizki yang halal dan ketetapan iman dan Islam, dan lain sebagainya.

Berdoa memperlihatkan sikap berserah diri dan membutuhkan Allah SWT, karena tidak dianjurkan ibadah melainkan untuk berserah diri dan tunduk kepada Pencipta serta merasa butuh kepada Allah. Jadi doa adalah sebuah permohonan kepada Allah dan bentuk rasa membutuhkan-Nya. Doa itu termasuk inti dari ibadah, karena bacaan dalam setiap ibadah kita itu mengandung doa.

Baca Juga :


Jadi, doa adalah sebuah ucapan permohonan dan pengakuan bahwa kita ini sebagai hamba Allah yang lemah, tidak berdaya, tidak memiliki kemampuan apapun tanpa Allah, kita hanya bisa berserah diri kepada-Nya, memohonkan segala ampunan, pertolongan, meminta sesuatu yang diinginkan, dan doa merupakan salah satu panyalur kita berkomunikasi dengan Allah___(joko).



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2017 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan