logoblog

Cari

Tutup Iklan

Transformasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lotim

Transformasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lotim

Mendengar kata perpustakaan yang pertama kali terbayang dalam fikiran kita biasanya tentang gudang buku. Buku –buku yang bertumpuk dan berdebu kareana

Pendidikan

Ahyar Rosidi
Oleh Ahyar Rosidi
16 Agustus, 2017 06:50:03
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 2780 Kali

Mendengar kata perpustakaan yang pertama kali terbayang dalam fikiran kita biasanya tentang gudang buku. Buku –buku yang bertumpuk dan berdebu kareana jarang di sentuh. Kemudian melihat dari segi pengunjung sudah pasti yang datang keperpustakaan adalah orang yang itu-itu saja disetiap hari. Tapi itu dulu, dan tidak demikian dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lombok Timur saat ini. Hal ini karena Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lombok Timur sudah berubah dari tempat pinjam meminjam buku menjadi tempat berkegiatan untuk masyarakat, terbuka untuk semua kalangan.

Perpustakaan adalah tempat yang kompleks jadi semua lini bisa berkegaitan. Mulai dari pelajar, mahasiswa, komunitas dan lainnya.  Adapun kegaitan yang pernah dilakukan masyarakat di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lombok Timur sangat beragam , mulai dari kegaitan workhsop sinematografi, workshop menulis, berbagai macam mata lomba, pelatihan komputer dan Kegiatan Ibu-ibu trendy dan smart bertajuk hijab syar'i yang di adakan pada Sabtu, 18 Februari 2017 lalu. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lombok Timur juga membuat berugak baca untuk para pengunjung. Bergak ini biasa diguakan sebagai tempat menikmati internet gratis oleh pengunjung perputakaan.

Selain itu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lombok Timur saat ini telah  berbasiskan TIK, artinya selain kita bisa membaca buku, kita bisa menggunakan komputer untuk mengakses internet secara gratis sebagai media pendukung

 

Baca Juga :


Total  sampai tahun 2017 ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lombok Timur  sudah mengembangkan 17 perpustakaan desa dan satu perputakaa kelurahan. Dari banyakanya perpustakaan desa dan kelurahan yang di kembangkan, dua diantaranya sudah menoreh juara di kancah nasional. Yakni Perpuatakaan Desa Sakra sebagai juara pertama di tahun 2016 pada cluster C (pembagian wilayah untuk indoneia bagian timur). Selain Perpustakaan Desa Sakra, Perpuatakaan Desa Kotaraja juga perah mendapatkan juara ketiga di kloter yang sama pada tahun 2015.



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2017 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan