logoblog

Cari

Tutup Iklan

Bupati Buka Bimtek KIM Lobar

Bupati Buka Bimtek KIM Lobar

Guna lebih meningkatkan kapasitas dan kemampuan sumberdaya manusia bagi pengelola Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kabupaten Lombok Barat (Lobar), Rabu (18/5)

Pendidikan

KM Rinjani Lombok
Oleh KM Rinjani Lombok
19 Mei, 2017 09:37:44
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 7667 Kali

Guna lebih meningkatkan kapasitas dan kemampuan sumberdaya manusia bagi pengelola Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kabupaten Lombok Barat (Lobar), Rabu (18/5) dilaksanakan Pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat di Puri Seraton Hotel, Senggigi Lombok Barat. Kegiatan ini dibuka langsung Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid, S. Ag, M.Si. Pembinaan KIM ini diikuti tidak kurang dari 42 orang peserta dari 15 KIM se Lombok Barat yang ada di 10 Kecamatan. Pembinaan KIM ini juga ditandai dengan pengukuhan Koperasi Serba Usaha Syariah KIM Lobar. 

Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid didampingi Kadis Kominfo dan Statistik Lobar Ir. Budi Dharmajaya, MM mengapresiasi pelaksanaan Bimtek KIM ini dalam ranka meningkatkan kemampuan KIM menghadapi pesatnya perkembangan informasi. Tanpa pengetahuan yang cukup KIM tidak akan mampu memilah, memilih informasi yang ada dengan baik. Bupati berkeinginan ke depannya di setiap desa di Lombok Barat bisa terbentuk KIM.

Menurut Bupati, menyampaikan informasi itu bukan hanya yang baik-baik saja. Tapi informasi berupa kritikan dan masukan untuk menjadi lebih baik dan benar juga sangat bermanfaat bagi masyarakat dan pemerintah. “Karena itu tugas kita bersama termasuk KIM untuk untuk menegakkan amar makruf nahi mungkar melalui informasiyang disampaikan dan dikomunikasikan dengan masyarakat,” ujar Fauzan.

Bupati menambahkan, untuk menghimpun, mengolah, menyimpan dan mendesiminasikan informasi membutuhkan sebuah keterampilan teknis terkait informasi dan tata cara penyampaian informasi itu sendiri. “Memang tujuan kita baik, tapi terkadang cara penyampaian informasi itu yang keliru, sehingga informasi itu tidak sampai kepada obyek informasi yang kita tuju. Karena itu saya berharap dalam hal ini KIM menjadi pelopor untuk menyampaikan informasi yang baik dan benar kepada masyarakat,” katanya.

Bupati mencontohkan, dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi saat ini, berbagai peristiwa dalam bentuk teks dan gambar dari berbagai belahan dunia begitu cepat sampai di hadapan kita tanpa disaring terlebih dahulu kebenaran informasi itu.  “Karena itu KIM dalam hal ini harus lebih banyak berperan untuk untuk secara slektif mengelola dan mengolah informasi itu sendiri dengan cara menguji kebenaran informasi itu sendiri melalui konfirmasi,” ucap Ketua KONI Lobar ini.

Dalam perspektif seperti ini tandas Bupati, diharapkan juga Dinas Kominfo dan Statistik Lobar secara pro aktif mengambil peran strategis dalam memberikan pendampingan kepada masyarakat mealui berbagai program kerja dan media informasi masyarakat yang sudah ada seperti KIM ini dalam memberikan desiminasi informasi itu sendiri.

 

Baca Juga :


Sehubungan dengan terbentuknya kepengurusan Koperasi Serba Usaha Syariah KIM Lobar, Bupati menekankan kepada Diskop UKM Lobar agar ke depannya bisa dipasilitasi bantuan permodalan dalam menggerakkan usahanya. KIM ke depan kata Bupati tidak hanya fokus dalam pengolahan dan desiminasininformasi. Namun juga haruslah dipikirkan bagaimana sumberdaya KIM dari aspek ekonomi juga harus mulai dilirik. Karena itu KIM juga harus bedaya secara ekonomi melalui terbentuknya suatu wadah perkumpulan bersama anggota dalam Kopersi Syariah dengan tujuan untuk mensejahterakan anggota khususnya dan masyarakat umumnya. “Belum lama ini saya sudah terbitkan Perbub tentang pemanfaatan hasil-hasil ekonomi kreatif berbahan lokal masyarakat setempat. Seperti penggunaan pakaian tenun ikat Gumise yang harus dipakai PNS se Lobar pada hari-hari tertentu. Demikian juga hasil pangan lokal seperti keladi, jagung, pisang rebus dan sebagainya harus menjadi makanan ringan pada setiap rapat-rapat di Pemda. Bayangkan begitu besar anggaran yang dibutuhkan untuk makan-minum,” kata Bupati.

Pelaksanaan Bimtek KIM ini menghadirkan sejumlah Nara Sumber. Diantaranya dari Wakil Ketua Komisi Informasi Provinsi NTB Najamudin Amy dengan materi KIM, Tantangan dan Peluang Menjadi Masyarakat Informatif.  Pemateri lainnya disampaikan Taufiqurrahman dari Dinas Koperasi UKM Lobar yang intinya bagaimana mendorong tumbuh dan berkembangnya koperasi di Lombok Barat tidak hanya sekedar nama, stempel. Namun koperasi yang benar-benar sehat dan menjalankan tugasnya sebagaimana yang diamanahkan dalam Undang-Undang guna meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan anggotanya.

Sementara itu Penyuluh Koperasi Lobar Habibullah menyampaikan materi terkait pembentukan dan prospek pengembangan Koperasi Syariah. Berbagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan anggota melalaui koperasi berbsis syariah yang menganut prinsip-prinsip ekonomi islam. (Wardi) -03



 
KM Rinjani Lombok

KM Rinjani Lombok

KM Rinjani Lombok diinspirasi oleh tekad bersama sesama anggota untuk membangun informasi produktif, komunikatif dan aspiratif di seputar Lobar dan gumi Lombok umumnya. Anggota: Hernawardi (Ketua), Fathurrahman, Ardipati, L. Suhaemi, Rian F, L. Budi D. Hp

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan