logoblog

Cari

Seminar Pendidikan Dasar STKIP Taman Siswa Bima

Seminar Pendidikan Dasar STKIP Taman Siswa Bima

KM TNC. Himpunan Mahasiswa Program Studi PGSD STKIP Taman Siswa Bima Periode 2016/2017 mengadakan seminar Pendidikan Sekolah Dasar dengan tema utamanya

Pendidikan

KM. Tembe Nggoli
Oleh KM. Tembe Nggoli
30 April, 2017 01:37:48
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 20421 Kali

KM TNC. Himpunan Mahasiswa Program Studi PGSD STKIP Taman Siswa Bima Periode 2016/2017 mengadakan seminar Pendidikan Sekolah Dasar dengan tema utamanya “Membangun Pendidikan yang Bermutu di Kabupaten Bima”. Menurut Ketua HMPS PGSD saudara Fuaizin, bahwa tema ini diangkat karena kompleksnya problematika dan rendahnya mutu pendidikan dasar di Kabupaten Bima. Beberapa masalah yang sedang dihadapi antara lain: tentang data based pendidikann, pemetaan, penataan guru siswa, sarana prasarana, pembiayaan dan rendahnya mutu guru SD. Berdasarkan hasil UKG 2015, bahwa nilai rata-rata UKG Kabupaten Bima terrendah di NTB. Program Studi PGSD STKIP Taman Siswa Bima sebagai satu-satunya Prodi S1 PGSD di Kabupaten Bima merasa terpanggil dan bertanggungjawab terhadap kondisi mutu Pendidikan Dasar yang masih rendah tersebut.

Dalam seminar yang dihadiri oleh ratusan mahasiswa dan peserta tersebut; tampil sebagai Keynote speaker Bapak Kadis Dikbudpora Kabupaten Bima Drs. H. Supratman AS, M.Si, menjelaskan bahwa seminar semacamnya sangat penting dilaksanakan untuk menghimpun gagasan dan pemikiran dari para pakar dan mahasiswa untuk membenahi mutu pendidikan Dasar di Kabupaten Bima. Beliau mengatakan, demi menghadiri dan mendukung suksesnya seminar ini rela meninggalkan atau menunda hadir di acara yang lain. Katanya, ada banyak hal yang harus ditingkatkan atau dibenahi dalam pendidikan dasar di Kabupaten Bima, antara lain: tentang sarana prasarana pembelajaran, perpustakaan, Mutu Guru SD, Anggaran Pendidikan yang masih rendah sekitar 3% dari APBD dan beragam pemberitaan yang kurang baik di berbagai media tentang kondisi pendidikan dasar kita yang menyangkut rotasi dan mutasi akhir-akhir ini. Beliau dengan tegas mengatakan komit untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Bima. Satu hal yang harus dihindari agar pendidikan kita bisa bermutu adalah menjauhkan pendidikan dengan politik, yaitu dengan mengedepankan aturan dan kualitas setiap kebijakan yang diambil.

Panitia juga mengundang tiga pemateri, yaitu: Dr Juwaidin, M.Pd., Suhardin, M.Pd., dan Hadi Santoso, MM. Sebagai pembicara pertama Suhardin, M.Pd menjelaskan bahwa potret guru profesional adalah yang memiliki empat kompetensi yaitu kompetensi pedagogik, profesional, personal, dan sosial. Untuk terus meningkatkan kompetensinya, guru harus terus belajar, meneliti, menulis, dan menguasai metode serta media pembelajaran. Sebagai pembicara kedua, Dr Juwaidin, M.Pd menekankan pentingnya pemetaan, penataan, dan peningkatan mutu guru sekolah dasar. Beliau prihatin dengan rasio guru dan siswa yang sangat tidak proporsional; terutama banyaknya jumlah guru sukarela di setiap sekolah. Ke depan katanya, rasio guru dan siswa harus benar-benar ditata sesuai kebutuhan berdasarkan jumlah rombel.

Sebagai pembicara ketiga, Hadi Santoso, MM lebih banyak menginspirasi mahasiswa dengan kemajuan beberapa negara dalam membangun pendidikan. Satu hal yang paling penting dalam membangun pendidikan katanya adalah dengan membentuk karakter peserta didik. Beliau mencontohkan bahwa kemajuan individu, lembaga dan atau perusahaan sangat ditentukan oleh Attitude atau prilaku dari diri pemimpin dan anggotanya. Seorang pemimpin atau kepala sekolah harus memiliki kemampuan leadership dan manajerial sekaligus; seperti keteladanan, integritas, kemampuan komunikasi, memiliki wawasan yang luas untuk mengarahkan dan memotivasi bawahanya serta memiliki kemampuan untuk mengorganisasi SDM, lingkungan fisik dan memenej anggaran sekolah secara transparan, akuntabel, dan kolaboratif demokratis.

 

Baca Juga :


*Damar Damhuji (Dosen STKIP Taman Siswa Bima) -03



 
KM. Tembe Nggoli

KM. Tembe Nggoli

Tembe Nggoli Community (TNC) Anggota Alamsyah (alamsyah_km@yahoo.com) Hp. 081237986726/ akun pribadi (Alamsyah) Facebook : Alamsyah KM/ twitter : @AlamsyahCS Alamat : Jl Sawo Kel Rabangodu Utara Kec Raba Kota Bima - NTB

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan