logoblog

Cari

SDN 2 Rensing terapkan sekolah alam

SDN 2 Rensing terapkan sekolah alam

KM. Krens Lotim. Penyelenggaraan pendidikan formal seharian di sekolah membuat siswa dan siswi mulai merasa bosan dan cendrung membuat siswa dan

Pendidikan

KM. Krens-Lotim
Oleh KM. Krens-Lotim
21 Maret, 2017 09:09:11
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 29419 Kali

KM. Krens Lotim. Penyelenggaraan pendidikan formal seharian di sekolah membuat siswa dan siswi mulai merasa bosan dan cendrung membuat siswa dan siswi menjadi jenuh. Melihat fenomena ini, Pemerintah Desa Rensing Raya Kecamatan Sakra Barat mulai melirik sistim pendidikan yang mempunyai inovasi yang membuat siswa dan siswi semakin bergairah.yang bekerja sama dengan Sekolah Dasar Negeri 2 Rensing yang berlokasi di Dusun Gubuk Dangah Desa rensing Raya, Kecamatan Sakra Barat, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Aktivitas pembelajaran siswa dalam bimbingan guru di sekolah alam itu sehari-hari sejak pukul 15.30 sampai dengan 17.30.

Kurikulum ciri khas sekolah alam berbasis dunia dilaksanakan di sekolah itu diutamakan mengarah ke  penguatan penghayatan religius, misalnya siswa dibiasakan berwudlu dan dibimbing melaksanakan shalat sebelum belajar. Shalatnya boleh dilakukan berjamaah maupun sendiri-sendiri. Itu dilaksanakan dilokasi kegiatan.

Kegiatan dimulai dengan ceramah langsung oleh Kepala Desa dan sering kali didatangkan dari dinas terkait.

Di sela istirahatnya, siswa dan siswi dibimbing mengenal tumbuh – tumbuhan sekitar, binatang dan lainnya. Setelah itu melakukan treatment, privat ngaji, privat baca bagi anak-anak yang masih kesulitan membaca. Treatment harus dari guru kelas kepada anak-anak karena hal ini dimaksudkan agar terjalin kedekatan edukatif antara guru dan siswa.

 

Baca Juga :


Kegiatan seperti ini dilaksanakan 2 (dua) kali dalam seminggu yaitu hari Selasa dan Kamis yang merupakan kegiatan rutin bagi SDN 2 Rensing yang dipadukan dengan kegiatan Pemerintah Desa.

Harapan dari penyelenggaraan ini sederhananya adalah memotivasi siswa selalu mendekat kepada Tuhannya dan terbiasa melakukan sesuatu berbalutkan budi pekerti yang luhur, berakhlaq mulia sehingga menjadi manusia yang bermanfaat baik untuk diri, keluarga dan lingkungannya.

Di tempat terpisah Kepala SDN 2 Rensing, Kamaluddin, S. Pd., mengatakan penerapan sekolah alam ini punya kekuatan bimbingan siswa lebih terkontrol, dan memungkinkan pihak sekolah akan tepat guna dalam mengakomodir kepentingan penempaan jati diri siswa. Apalagi seperti yang di SDN 2 Rensing memfasilitasi bimbingan bekerja sama dengan Pemerintah desa rensing Raya.(MA). -05



 
KM. Krens-Lotim

KM. Krens-Lotim

KRens-Lotim lahir sekitar akhir tahun 2009, di Rensing Kec. Sakra Barat Lotim Ponggawanya : Muh. Amin, S. Pd ( Ketua ), Chairil Anwar, S. HI ( anggota ) e-mail: mabiwa_nwrensing@yahoo.com HP: 081916354961, 082341828093

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan