logoblog

Cari

Mereka Harus Tahu

Mereka Harus Tahu

KM. Sukamulia – Sekolah merupakan salah satu lembaga memiliki fungsi pewarisan budaya. Dengan bersekolah, seseorang akan dapat mengetahui berbagai macam pengetahuan.

Pendidikan

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
03 Oktober, 2016 17:01:00
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 6429 Kali

KM. Sukamulia – Sekolah merupakan salah satu lembaga memiliki fungsi pewarisan budaya. Dengan bersekolah, seseorang akan dapat mengetahui berbagai macam pengetahuan. Salah satu pengetahuan yang diajarkan di sekolah adalah pengetahuan sejarah dan budaya lokal melalui Mata Pelajaran Muatan Lokal. Tujuan diajarkannya Mapel Muatan Lokal adalah supaya generasi muda mengetahui sejarah dan budaya daerah mereka masing-masing.

Terkait dengan hal itu, seorang guru Muatan Lokal dituntut untuk mengajarkan pengetahuan budaya lokal daerah mereka. Salah satu materi yang termuat dalam mata pelajaran Muatan Lokal adalah materi sejarah dan budaya daerah sekitar. Dengan demikian guru Muatan Lokal hendaknya memperkenalkan sejarah budaya daerah mereka masing-masing dan tentunya guru Mulok juga harus membawa anak didiknya untuk mengunjungi tinggalan-tinggalan sejarah dan arkeologi yang terkait dengan materi ajar Muatan Lokal-nya, terutama tinggalan sejarah dan arkeologi yang ada di sekitar mereka sebab generasi muda bangsa ini harus mengetahui sejarah dan kebudayaan daerah mereka masing-masing agar mereka dapat memaknai dan menghargai kearifan lokal daerah mereka.

Atas dasar itulah pengelola MTs. Maraqitta’limat Lenggorong Desa Sambik Elen Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Timur) membuat program study tour yang dilaksanakan dua kali dalam satu smester yang dipandu oleh guru mata pelajaran Muatan Lokal dan hari ini (Senin, 03 Oktober 2016) pengelola madrasah tersebut menjadwalkan anak didiknya untuk melaksanakan study tour sejarah lokal wilayah Kabupaten Lombok Timur.