logoblog

Cari

Penyembelihan Hewan Kurban

Penyembelihan Hewan Kurban

Sumbawa Besar_Inmas MAN 1 Sumbawa ,melaksanakan penyembelihan hewan kurban ,setelah melaksanakan Sholat Idul Adha 1437 H/2016 M, Senin 12 September 2016. Bertempat

Pendidikan

H.DJOKO PITOYO,S.SOS
Oleh H.DJOKO PITOYO,S.SOS
12 September, 2016 11:21:04
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 19370 Kali

Sumbawa Besar_Inmas MAN 1 Sumbawa ,melaksanakan penyembelihan hewan kurban ,setelah melaksanakan Sholat Idul Adha 1437 H/2016 M, Senin 12 September 2016.

Bertempat di Halaman Madrasah Aliyah Negeri 1 Sumbawa, dilaksanakan penyembelihan hewan kurban sebanyak tiga ekor sapi, disaksikan siswa siswi, Dewan Guru ,Tata Usaha .

 

Di Madrasah Aliyah Setiap tahunnya melaksanakan penyelbelihan hewan kurban , semata mata ini merupakan kewajiban bagi umat islam yang bertaqwa kepada Allah dan pembelajaran secara langsung kepada anak didik.

Bagi muslim, kurban adalah syariat yang ditetapkan Allah swt. Bahkan, sejak nabi Adam a.s. sudah ada syariat qurban. Hal ini dapat dipahami dri kisah Qabil dan Habil, dua putra Nabi Adam a.s. yang bertengkar karena qurban salah satunya tidak diterima. Demikian juga dengan pristiwa Nabi Ibrahim as.

 

Baca Juga :


Dan putranya yang bernama Ismail as. Didalam Al-Qur’an telah terdokumentasikan secara nyata ketika Nabi Ibrahim as bermimpi menyembelih putranya yang bernama Ismail as. sebagai persembahan kepada Allah swt.

Mimpi itu kemudian diceritakan kepada Ismail as. dan setelah mendengar cerita itu ia langsung meminta agar sang ayah melaksanakan sesuai mimpi itu karena diyakini benar-benar datang dari Allah swt.

Sebagaimana Firman Allah swt.: فَلَمَّا بَلَغَ مَعَهُ السَّعْيَ قَالَ يَابُنَيَّ إِنِّي أَرَى فِي الْمَنَامِ أَنِّي أَذْبَحُكَ فَانظُرْ مَاذَا تَرَى قَالَ يَاأَبَتِ افْعَلْ مَا تُؤْمَرُ سَتَجِدُنِي إِنْ شَاءَ اللَّهُ مِنَ الصَّابِرِينَ Artinya: “Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: "Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelih-mu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!" Ia menja-wab: "Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar". (QS. Ash-Shafaat: 102)....(joko) - 05



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan