logoblog

Cari

Tutup Iklan

Nyanyikan Lagu Wajib di Awal dan Ahir Pelajaran

Nyanyikan Lagu Wajib di Awal dan Ahir Pelajaran

KM. Sukamulia – “Nasionalisme”, kata tersebut sangatlah singat dan gampang diucapkan namun sangat sulit untuk dilaksanakan. “Lagu Wajib Nasional”, istilah tersebut

Pendidikan

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
10 November, 2015 14:40:02
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 4978 Kali

KM. Sukamulia – “Nasionalisme”, kata tersebut sangatlah singat dan gampang diucapkan namun sangat sulit untuk dilaksanakan. “Lagu Wajib Nasional”, istilah tersebut juga sangat gampang diucapkan dan teramat sangat ceoat untuk dihapal. Namun, kenyataaannya banyak sekali penduduk negeri ini (Indonesia) yang tidak hapal lagu kebaangsaannya (Indonesia Raya). Untuk itu, lembaga pendidikan (sekola) bertugas untuk membiasakan setiap peserta didiknya untuk menyanyikan lagu-lagu kebangsaan agar nasionalisme tertanam di jiwa mereka. Terkait dengan hal itu, pengurus SMK NW Kokok Putik mencoba untuk melaksanakan hal tersebut sebagai program harin-nya, dimana pada setiap harinya guru dan peserta didik bersama-sama mengawali dan mengahiri pelajaran dengan menyanyikan lagu wajib nasional.

Menyanyikan lagu wajib nasional pada setiap awal dan ahir pelajaran memang termaktub di dalam Peraturan Meneteri Pendidikan, namun hingga saat ini kegiatan tersebut masih sangat jarang dilaksanakan oleh pengelola sekolah/lembaga pendidikan yang ada di seluruh negeri ini. Sebagai sampel, penulis telah melaksanakan survey di sekitar wilayah Lotim dan KLU, ternyata sebagian besar instansi pendidikan yang ada di wilayah tersebut belum melaksanakan hal tersebut. Di wilayah Lotim hanya ada dua sekolah yang kami temukan melaksanakannya, yakni SMK NW Kokok Putik dan SDN 3 Bilok Petung Kecamatan Sembalun. Sedangkan di wilayah KLU, hal tersebut hanya dilaksanakan di MTs. Maraqitta’limat Lenggorong Desa Sambik Elen Kecamatan Bayan.

Di SMK NW Kokok Putik Desa Bilok Petung kecamatan Bayan, kegiatan menyanyikan lagu wajib nasional pada awal dan ahir pelajaran (sebelum mulai belajar dan ketika hendak pulang) dilaksanakan sejak 4 bulan yang lalu (ahir Juli 2015) dan hal itu tetap dilaksanakan setiap hari hingga saat ini. Karena SMK NW Kokok Putik dan SDN 3 Bilok Petung bertetangga maka pengurus SDN 3 Bilok Petung tertarik untuk melaksanakan hal yang sama. Pengurus SDN 3 Bilok Petung kemudian ikut memprogramkan kegiatan tersebut pada kegiatan hariannya sehingga sejak ahir Agustus 2015, peserta didik dan guru SDN 3 Bilok Petung juga melaksanakan program tersebut secara kontinyu hingga saat ini.

Karena SMK NW Kokok Putik dan MTs. Maraqitta’limat Lenggorong Desa Sambik Elen Kecamatan Bayan memiliki pengurus yang sama maka di MTs. Maraqitta’limat Lenggorong juga memperogramkan dan melaksanakan kegiatan menyanyikan lagu wajib nasional sejak ahir Juli 2015. Hal itu dilaksanakan setelah mengetes setiap peserta didik untuk menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Dari hasil tes tersebut, ternyata 90 % peserta didik kedua sekolah tersebut tidak hafal/tidak bisa menyanyikan lagu Indonesia Raya. Hasil tes itulah yang kemudian dijadikan acuan untuk memperogramkan kegiatan menyanyikan lagu wajib nasional pada awal dan ahir pelajaran. Dan Alhamdulillah, setelah program ini berjalan selama satu bulan maka tidak ada lagi peserta didik dan guru di dua sekolah tersebut yang tidak hapal lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Perlu kami sampaikan bahawa program menyanyikan lagu wajib nasional yang dilaksanakan di SMK NW Kokok Putik, SDN 3 Bilok Petung dan MTs. Lenggorong dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan jiwa nasionalisme dan patriotisme seluruh warga sekolah tersebut. Untuk itu, pada setiap awal pelajaran, peserta didik dan guru diwajibkan menyanyikan lagu Indonesia Raya pada setiap hari dan pada ahir pelajaran (saat akan pulang), peserta didik dan guru diharuskan menyanyikan salah satu lagu wajib nasional lainnya. Untuk lagu wajib nasional pada setiap ahir pelajaran diganti setiap dua minggu sekali. Dengan demikian, selama 3 bulan terahir ini, peserta didik SMK NW Kokok Putik dan MTs. Maraqitta’limat Lenggorong telah menyanyikan dan menghapal 6 judul lagu wajib nasional.

Sungguh, hal ini memberikan perubahan yang cukup positif terhadap warga sekolah, dimana dengan dilaksanakannya program tersebut dapat meningkatkan kedisiplinan dan ingatan warga sekolah akan pentingnya nilai-nilai nasionalisme dan patriotism sehingga mereka ebih menghayati makna kemerdekaan bangsa ini yang telah ditebus dengan darah dan jiwa raga para pahlawan bangsa ini.

 

Baca Juga :


Program tersebut juga mendapat ajungan jempol dari pengawas DIKPORA Kabupaten Lombok Timur yang telah berkunjung ke SMK NW Kokok Putik pada minggu yang lalu. Beliau menegaskan bahwa program seperti memang sepele namun maknanya sangat mendalam dan menurut pengamata saya, program ini masih sangat jarang dilaksanakan di sekolah yang berada di sekitaran Lombok Timur dan bahkan dari Jerowaru hingga Sembalun, hanya sekolah ini (SMK NW Kokok Putik) yang saya temukan menerapkan program lagu wajib nasional pada setiap awal dan ahir pelajaran. Oleh sebab itu, program ini hendaknya ditularkan kepada sekolah-sekolah lainnya. Pungkas Haji Akhmad Sidik, M. Pd saat berkunjung di sekolah kami (SMK NW Kokok Putik) pada hari senin minggu lalu.

Program menyanyikan lagu wajib nasional hendaknya dilaksanakan di seluruh instansi pendidikan, mulai dari SD hingga SMA atau yang sederajat agar supaya jiwa nasionalisme dan patriotism tertanam pada setiap jiwa anak bangsa ini. ahirnya, semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menjadi motivasi bagi kita sekalian (khususnya yang berkecimpung dalam dunia pendidikan) agar supaya jiwa nasionalisme anak bangsa bisa dibangkitkan. Mohon maaf atas segala kekurangan, terimakasih atas kunjungannya dan salam dari kampung.

_By. Asri The Gila_ [] - 01



 
KM. Sukamulia

KM. Sukamulia

Nama : Asri, S. Pd TTL : Sukamulia, 02 Januari 1985 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama : Islam Pekerjaan : Swasta Alamat, Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya No HP : 082340048776 Aku Menulis Sebagai Bukti Bahwa Aku Pernah Ada di Dunia

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan