logoblog

Cari

Bersiap Menuju KURNAS

Bersiap Menuju KURNAS

KM. Sukamulia – Perubahan kurikulum yang terus menjadi polemik dalam dunia pendidikan Indonesia merupakan hal yang selalu hangat untuk dibahas dalam

Pendidikan

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
02 Juli, 2015 01:31:45
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 33315 Kali

KM. Sukamulia – Perubahan kurikulum yang terus menjadi polemik dalam dunia pendidikan Indonesia merupakan hal yang selalu hangat untuk dibahas dalam berbagai pertemuan yang membahas mengenai masalah pendidikan. Meskipun perubahan kurikulum bukan menjadi tema pelatihan dan workshop pendidikan namun ujung-ujungnya perubahan kurikulum itu tetap kena bagian untuk dibahas, apalagi jika itu memang pelatihan dan workshop yang bertema kurikulum. Terkait dengan hal itu, maka pada hari kedua hingga hari terahir Workshop Integrasi KTSP dan K-13 yang diadakan oleh SNIP NTB, masalah perubahan kurikulum dikupas tuntas.

Pada hari kedua (30 Juni 2015), peserta workshop besreta narasumber dan mentor mengupas masalah Kurikulum 2013 yang diisukan akan berubah nama menjadi Kurikulum Nasional (KURNAS). Pada bagian awal pembahasan masalah K-13, Bapak Samsudin selaku narasumber menjelaskan bahwa pada dasarnya Kurikulum 2013 adalah penyempurnaan dari kurikulum sebelumnya (KTSP). Perubahan atau pengembangan yang mencolok dalam Kurikulum 2013 terilat pada bagian Standar Isi, Standar Proses, Standar Kelulusan dan Standar Penilaian.

Beliau juga menjelaskan bahwa perubahan pada 4 aspek tersebut dihajatkan supaya pendidikan nasional bangsa ini lebih bermutu dan dengan pelaksanaan kurikulum ini maka diharapkan generasi bangsa ini akan menjadi lebih bermoral, berkopent dalam berbagai bidang dan siap bersaing ditarap gelobal. Sasaran itulah yang kemudian menyebabkan para perancang kurikulum memberikan petunjuk kepada setiap satuan pendidikan (sekolah/madrasah) untuk mengadakan pendidikan muatan lokal dan kekahsan, serta pengadaan pendidikan pengembangan diri bagi setiap peserta didik.

Di ahir pembukaannya,  Samsudin menegaskan bahwa digalakkannya pelatihan Kurikulum 2013 seja tahun 2014 hingga saat ini adalah sebagai persiapan menuju Kurikulum Nasional (KURNAS) yang rencananya akan diberlakukan mulai pada tahun 2017 nanti. “Untuk itu, setiap satuan pendidikan (sekolah/madrasah) diharapkan untuk memahami dan memperdalam pengetahuan mengenai seluk beluk Kurikulum 2013 dengan cara mengikuti pelatihan dan atau workshop kurikulum yang diselenggarakan oleh pemerintah”, tegasnya.

Haji Muhammad Saleh menambahkan, pada ahir tahun ini banyak dana yang telah disiapkan/dianggarkan oleh pemerintah untuk menggodok perispan menuju Kurikulum Nasional (KURNAS). Untuk itu bagi madrasah/sekolah yang nantinya mendapatkan bagian untuk mengikuti kegiatan tersebut maka sangat diharapkan supaya pengelola (kepala sekolah dan guru) mengikuti kegiatan itu dengan sebaik-baiknya demi memperisapkan agar penerapan KURNAS betul-betul dilaksanakan dengan baik pada saat kurikulum itu mulai diberlakukan.   

Terkat dengan apa yang telah disampaikan oleh kedua narasumber tersbut maka dapat disimpulkan bahwa Kurikulum 2013 merupakan bagian dari anak tangga untuk menuju Kurikulum Nasional sebab Kurikulum Nasional itu merupakan Kurikulum 2013 yang nantinya akan dirubah namanya dan beberapa aspeknya akan disempurnakan.

Setelah menyampaikan materi penyususnan Dokumen 1 Kurikulum 2013, Samsudin dan Haji M. Saleh membimbing peserta workshop untuk menyusun Dokumen 1 Kurikulum 2013. Kegiatan ini berlangsung hingga jadwal kegiatan hari kedua berahir. Sebagai tindak lanjut dari kegiatan hari kedua ini, peserta dibebankan untuk menyelesaikan Dokumen 1 Kurikulum 2013 sehingga pada pertemuan berikutnya peserta dapat menyerahkan soft file Dokumen 1 Kurikulum 2013 yang terlah mereka susun sesuai dengan juknis dan bimbingan yang telah didapatkan.

Pada hari ketiga (01 Juli 2015), peserta worksoh beserta mentor dibimbing untuk menyusun Dokumen II Kurikulum 2013. Kegiatan ini berlangsung sejak pukul 08.00 s/d pukul 12.00 Wita dan setelah itu peserta diharuskan untuk mengumpulkan Dokumen II K-13 yang telah mereka susun. Dengan demikian, pada hari terahir ini pserta sudah mengumpulkan 4 dokumen kurikulum kepada pihak penyelenggara workshop. Dokumen yang mereka kumpulkan itu merupakan hasil kerja dan tindak lanjut dari kegiatan workshop tersebut sehingga diharapkan supaya setiap peserta pulang membawa hasil berupa Dokumen I dan Dokumen II KTSP yang diselesaikan pada hari pertama dan Dokumen I & Dokumen II K-13 yang disusun dan diselesaikan pada hari kedua dan ketiga.

 

Baca Juga :


Sebelum kegiatan Workshop Integrasi KTSP & Kurikulum 2013 ini ditutup, terlebih dahulu diadakan Pos Tes. Pemberian Pos Tes ini ditujukan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman dan keseriusan peserta dalam memahami segenap materi workshop yang telah mereka terima selama kegiatan berlangsung. Pos  Tes berlangsung selama 30 menit yang dimana dalam waktu yang telah ditetapkan itu, peserta dan mentor diberikan tes pilihan ganda sebanyak 20 butir soal.

Usai dilaksanakannya pos tes, kedua orang narasumber menyampaikan kesimpulan dari kegiatan yang telah dilaksanakannya itu. Kesimpulan dari kegiatan Workshop Integrasi KTSP dan K-13 ini adalah: 1) Proses kegiatan Workshop Integrasi KTSP dan K-13 madrasah Up Grading selama 3 hari telah menghasilkan: Dokumen I KTSP (Bab I - V) dan Dokumen II KTSP (Analisis SK/KD, Analisis Hari dan Minggu Efektif, Prota, Promes, Silabus dan Rpp), 2) Dari 8 standar nasional pendidikan, peseta sudah memahami cara menyusun dan dapat menyelesaikan serta memiliki dokumen pendukung 4 standar yaitu standar isi, standar porses, standar kompetensi lulusan dan standar penilaian, 3) Dokumen pendukung lainnya berupa undangan, berita acara, daftrahadir dan notulen rapat dipersiapkan oleh masing-masing madrash, dan 4) Tindak lanjut kegiatan workshop ini dilaukan oleh masing-masing madrasah dibawah koordinasi Mentor dan Pengawas Pembina Daerah masing-masing.

Sebelum kegiatan ditutup, H. Minggre (Mentor Madrsah Loteng), berharap suapay peserta workshop terus menjalin komunikasi satu sama laninnya demi persiapan menuju akreditasi madrasah yang bermartabat dan persiapan menuju Kurikulum Nasional.

Kegiatan Workshop Integrasi KTS & Kurikulum 2013 ditutup pada pukul 13.00 Wita. Kegiatan ini ditutup oleh Kasi Kelembagaan Dikpora Provinsi NTB. Sebelum menutup kegiatan, beliau berpesan kepada seluruh peserta yang menghadiri acara tersebut supaya terus mengembangkan pengetahuan dan profesinya untuk memajukan pendidikan bangsa ini, lebih-lebih dalam penerapan Kurkulum Nasional yang akan diberlakukan pada tahun-tahun mendatang.

_By. Asri The Gila_ [] - 05



 
KM. Sukamulia

KM. Sukamulia

Nama : Asri, S. Pd TTL : Sukamulia, 02 Januari 1985 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama : Islam Pekerjaan : Swasta Alamat, Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya No HP : 082340048776 Aku Menulis Sebagai Bukti Bahwa Aku Pernah Ada di Dunia

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan