logoblog

Cari

Tes PPDB dengan CBT di SMK Negeri Pringgabaya

Tes PPDB dengan CBT di SMK Negeri Pringgabaya

KM. Gerbang Pakar, Menjelang pergantian tahun pelajaran baru  2015/2016, semua tingkat satuan pendidikan mulai dari tingkat usia dini hingga tingkat menengah

Pendidikan

KM. Gerbang Pakar
Oleh KM. Gerbang Pakar
30 Juni, 2015 21:57:13
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 23846 Kali

KM. Gerbang Pakar, Menjelang pergantian tahun pelajaran baru  2015/2016, semua tingkat satuan pendidikan mulai dari tingkat usia dini hingga tingkat menengah atas dan kejuaruan. Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga kabupaten Lombok Timur serentak menbuka pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) dari tanggal 22 sampai dengan 27 Juni 2015.

Antusia para siswa untuk mendaftar disekolah-sekolah sangat tinggi terlihat membludaknya pendaftar sejak hari pertama dibuka, hal tersebut terlihat di SMK Negeri 1 Pringgabaya, pada hari pertama saja pendafrtar sudah ratusan calon peserta didik baru, Seperti dijelaskan oleh kepala SMK Negeri 1 Pringgabaya, Drs. Sukmanul Hakim yang ditemui diruang kerjanya, untuk tahun ini kami membuka 9 Kompetensi Keahlian  dengan 8 Kompetensi Keahlian yang sudah ada, antara lain, Teknik Sepeda Motor, Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Pengelasan, Teknik Pemesinan, Teknik Audio Video, Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Teknik Komputer dan Jaringan, Teknik Multimedia serta Kompetensi keahlian yang baru Teknik Gambar bangunan jika Ada Peminatnya.

Proses PPDB pada tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karean tahun ini kami sudah membuka pendaftaran dengan sistem Online, hal tersebut dilakukan guna memasyarakatkan internet, sehingga para calon peserta didik sudah terbiasa memanfaatkan IT dalam kegiatan pembelajaran nantinya, imbuh Kepala SMK Negeri 1 Pringgabaya.

Dalam proses seleksi Peserta Didik baru dilakukan 3 tahapan seleksi, yaitu Seleksi Administrasi, Tes Baca Al-quran dan Wawancara serta Tes Kemampuan Dasar. Yang menjadi pembeda dari sekolah-sekolah lain, SMK Negeri 1 Pringgabaya menerapkan Tes Kemampuan Dasar menggunakan CBT (Computer Basic Test). Pihak sekolah menyiapkan 80 Unit Personal komputer (PC) guna kelancaran tes kemampuan dasar peserta didik baru, hal tersebut disampaikan ketua panitia sekaligus wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, Drs. Lalu Muhasir.

 

Baca Juga :


Calon siswa yang mengikuti tes sebanyak 281 orang, dengan alokasi waktu satu jam yang terdiri dari empat shift, dimana masing-masing shift sekitar 70 peserta test.  Lalu Rio Rinaldi siswa MTs Apitaik yang ikut mendaftar di SMK Negeri 1 Pringgabaya mengaku senang dengan sistem ujian dengan komputer sehingga kami akan terbiasa mengoperasikan komputer.

Zainul Mubaroq, ST. Wakil kepala Sekolah Bidang Kurikulum menjelaskan proses ujian dengan CBT merupakan salah satu cara  untuk membiasakan peserta didik guna menghadapi Ujian Nasional yang akan dilakukan secara Online, serta membiasakan peserta didik untuk mengoperasikan komputer karean suatu keharusan siswa Sekolah kejuruan semua kompetensi keahlian harus mahir mengoperasikan komputer. Zainul Menambahkan, pelaksanaan ujian semester yang lalu dilakukan dengan sistem CBT dan Insyaallah kedepannya akan tetap kita terapkan sistem ujian Berbasis Komputer tersebut. [] - 05



 
KM. Gerbang Pakar

KM. Gerbang Pakar

Kampung media Gerbang Patuh Karya, berlokasi di ujung timur pulau Lombok, sesuai dengan namanya Gerbang Patuh Karya, merupakan Gerbang memasuki pulau Lombok, dari ujung timur. KM-Gebang Patuh Karya resmi terbentuk pada 9 November 2011. Dengan Kepengurus

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan