logoblog

Cari

Sharing Operator Padamu Negeri se-KSB

Sharing Operator Padamu Negeri se-KSB

KM. Serambi_Brangrea; Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjamin Mutu Pendidikan (BPSDMPK-PMP) telah

Pendidikan

KM. Serambi Brangrea
Oleh KM. Serambi Brangrea
12 Mei, 2015 21:16:02
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 12363 Kali

KM. Serambi_Brangrea; Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjamin Mutu Pendidikan (BPSDMPK-PMP) telah merilis aplikasi untuk mengatur sumber daya pendidikan yang terdiri dari Guru, Pengawas, Kepala Sekolah dan Tenaga Kependidikan yang dikenal dengan Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan (SIAP) Pangakalan Data Penjamin Mutu Pendidikan Negara Kesatuan Republik Indonesia (Padamu Negeri). Secara berkala aplikasi ini terus dikembangkan dan mengharuskan operator sekolah mengimbangi fitur-fitur yang ada dalam aplikasi tersebut.

Akan tetapi sumber daya manusia berbeda-beda sehingga tingkat kemampuan untuk menyesuaikan fitur dalam aplikasi yang ada juga berbeda-beda. Tentunya jika demikian maka dapat dipastikan kecepatan dan ketepatan operator untuk menyelesaikan semua tahapan yang dibutuhkan dalam aplikasi akan berbeda pula.

Kegiatan Sharing Operator se-Kabupaten Sumbawa Barat yang digagas oleh Operator Dinas Dikbudpora Kabupaten Sumbawa Barat Budi Gunawan siang tadi (12/5) berlangsung sangat alot. Budi Sapaan akrabnya memfasilitasi semua operator yang sampai saat itu belum menyelesaikan verifikasi dan validasi status keaktifan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) di sekolahnya masing-masing. Hal ini dimaksudkan agar semua PTK bisa mencetak kartu tanda aktif PTK semester 2 tahun pelajaran 2014/2015.

Selanjutnya bagi tenaga pendidik pada jenjang Pendidikan Dasar serta tenaga pendidik bersertifikasi professional dibawah naungan Kementerian agama semua jenjang  yang belum berstatus aktif maka akan terkendala pada proses pembayaran tunjangan profesionalnya. Oleh karena itu kepada seluruh operator se kabupaten Sumbawa barat agar bisa menyelesaikan semua tahapan verfikasi dan validasi (verval) sampai dengan mencetak kartu PTK aktif pada semester ini.

Dalam kegiatan tersebut tidak sedikit operator yang masih mengalami banyak kendala sehingga belum bisa sampai kepada tahapan pengajuan Verval. Seperti dikatakan Yusro salah seorang operator bahwa kendala penyelesaian tahapan verval yang harus dilakukan secara online ini adalah jaringan operator/brodband yang kurang mendukung. Ditambah lagi apabila website padamu negeri diakses pada jam sibuk maka pastinya akan sering terkendala dengan akses yang lambat alias lola (loding lama).

 

Baca Juga :


Jika sudah seperti ini maka dapat dipastikan semangat dan antusias operator untuk menyelesaikan tahapan verval akan pupus. Masalah yang hampir sama juga dirasakan oleh operator sekolah yang berada di lokasi terpencil seperti daerah Rarak, Mataiyang, ataupun Talonang. Operator tidak akan bisa bekerja jika tidak turun ke kota. Jarak tempuh dan infrastruktur yang tidak memadai menambah besar kendala yang harus dihadapi.

Namun yang patut dihargai adalah upaya dari operator ini yang masih tetap berusaha sekuat tenaga untuk bisa menyelesaikan seluruh tahapan verval. Hampir dua jam Operator Dinas Kabupaten memberikan waktu seluas-luasnya kepada operator untuk bisa menyelesaikan tahapan vervalnya saat itu juga. Paling tidak sampai dengan pengajuan form S25a agar bisa mendapat status aktif.

Untuk proses berikutnya seperti pengisian format Penilaian Kinerja Guru (PKG) bisa diselesaikan setelahnya, namun yang harus diperhatikan adalah semua tahapan tersebut harus diselesaikan. Hal ini dikarenakan nilai PKG bisa menjadi acuan kenaikan pangkat dan menilai prestasi kerja. Belum lagi adanya tambahan-tambahan fitur yang pasti akan terjadi setiap waktu pastinya akan menambah banyak tugas yang harus diselesaikan operator jika tahapan sebelumnya belum diselesaikan. (a_nie) - 01



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan