logoblog

Cari

Tutup Iklan

Try Out 41 Siswa MIN Sila Persiapan UN

Try Out 41 Siswa MIN Sila Persiapan UN

KM-Bolo—Sejumlah sekolah dari tingkat SD, SMP dan SMA sederajat, sudah melakukan uji coba (try out) sebagai persiapan menghadapi Ujian Nasional (UN)

Pendidikan

KM Bolo
Oleh KM Bolo
26 Maret, 2015 19:02:25
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 3805 Kali

KM-Bolo—Sejumlah sekolah dari tingkat SD, SMP dan SMA sederajat, sudah melakukan uji coba (try out) sebagai persiapan menghadapi Ujian Nasional (UN) yang akan dilaksanakan awal April 2015 mendatang. Meski UN tidak lagi menjadi momok bagi siswa, namun langkah dan upaya untuk mencapai nilai yang maksimal tetap dilakukan uji coba tersebut. 

Pada tingkat sekolah dasar misalnya. Kegiatan try out kerap dilakukan dalam beberapa tahapan untuk mengetahui sejauhmana kemampuan siswa dalam menjawab materi soal yang diberikan oleh guru. Seperti try out yang diterapkan di sekolah MIN Sila Kabupaten Bima-NTB, baru-baru ini. 

Tercatat 41 siswa kelas VI telah mengikuti kegiatan uji coba kemampuan menjawab 40 soal yang diberikan guru pembimbing. Uji coba tersebut merupakan tahap pertama dan sebagai langkah awal untuk menguji skill anak didik mereka, baik cara mengisi jawaban maupun lainnya yang dapat menghasilakn nilai cukup bagus. 

“Minggu kemarin, sudah kita terapkan try out kepada 41 siswa didik. Namun tim pelaksana di sekolah belum tahu hasilnya, karena isi jawaban mereka akan kita periksa hari Sabtu besok,” ujar Kepala MIN Sila Drs H Fahrir ditemui kampung-media.com di ruang kerja, Kamis (26/3) pagi. 

Fahrir mengatakan, dalam uji coba ini, ada tehnik sekolah untuk menganalisa kemampuan siswa dengan melihat hasil jawaban dari 40 soal tersebut. Seperti membuat skema urutan nomor soal dalam bentuk table, tujuannya agar mudah mengetahui soal mana yang lebih dominan kurang dipahami oleh siswa. Sebab, lanjut Fahrir, pada tahap pertama try out ini, sekolah menargetkan hasil minimal 60 persen. 

 

Baca Juga :


“Seandainya nanti sudah mencapai target tersebut, maka try out kedua akan dilakukan guna mendapatkan hasil yang lebih tinggi lagi,” katanya. 

Disinggung ada tiga siswa yang diketahui telah keluar sebagai siswa MIN Sila, justeru diakui Fahrir. Menurutnya, setelah dikonfirmasi dengan orang tuanya, mereka memilih ikut bertani dengan kelompok keluarganya—dan satu lainnya pindah ke sekolah lain tanpa diketahui pihak MIN Sila. 

“Intinya, kedua anak didik ini sudah kita upayakan dan mengajak agar mau bersekolah dan tetap sebagai calon peserta ujian nanti. Namun harapan itu tak membawakan hasil,” jelas Fahrir.(adi) - 05



 
KM Bolo

KM Bolo

Koordinator: SURYADIN Alamat : Jl. Lintas Sumbawa No.53 Desa Rasabou Kecamatan Bolo Kabupaten Bima Prov. NTB URL:kmbolo.com email:kmbolo@ymail.com Kontak Person: 085-25332-3535 ANGGOTA: Erik, Buhari, Rahmi

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan