logoblog

Cari

Jiwa Wirausaha dan Kemandirian Siswa

Jiwa Wirausaha dan Kemandirian Siswa

Km NTT-LOMBOK – Mashuri, SE,MM. Guru Mata pelajaran Prakarya dan kewirausahaan SMK Negeri 1 Sambelia Lombok Timur merancang mata pelajarannya dalam

Pendidikan

KM NTT-LOMBOK
Oleh KM NTT-LOMBOK
16 Februari, 2015 02:46:10
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 41282 Kali

Km NTT-LOMBOK – Mashuri, SE,MM. Guru Mata pelajaran Prakarya dan kewirausahaan SMK Negeri 1 Sambelia Lombok Timur merancang mata pelajarannya dalam bentuk sebuah pengabdian masyarakat dan memberikan praktik kreasi souvenir bagi siswa SMK Negeri 1 Sambelia. Selain menumbuhkan kreativitas, rancangan itu juga bertujuan untuk menumbuhkan jiwa wirausaha pada anak. Menurut bliau, selama ini pengembangan kemandirian pada siswa SMKN 1 Sambelia masih belum dilakukan secara maksimal.

Karena itu, melalui prakarya pengabdian siswa multimedia ini dapat bermanfaat bagi Masyarakat, beliau berupaya menumbuhkan jiwa wirausaha dan kemandirian siswa dengan memberikan sejumlah praktik produk kreatif, seperti membuat souvenir dari batok kelapa, kerajinan berbahan dasar kayu/papan serta pelatihan menggunakan fasilitas internet sebagai media pemasaran.

Dengan praktik ini diharapkan siswa di tingkat SMK dapat mengeskplorasi kemampuannya secara maksimal dengan membuat berbagai inovasi hasil kerajinan tangan. Menurutnya siswa trampil harus disikapi dengan positif dan dipandang sebagai suatu potensi yang dapat digali serta dikembangkan secara optimal, sehingga mereka dapat memberikan kontribusi bagi keluarga dan masyarakat sekitarnya, serta menumbuhkan rasa percaya diri bagi anak sederajat SMK/SMA lainnya.

"Praktik ketrampilan ini menjadi salah satu upaya positif mengembangkan kemampuan anak dalam berinovasi. Melalui praktik ketrampilan ini yang akan diberikan kedepannya, mudah-mudahan mereka bisa lebih kreatif, inovatif dan mandiri," ujarnya.

 

Baca Juga :


Praktik ketrampilan ini terus berlanjut dan terus memberikan ketrampilan-ketrampilan tangan lainnya yang dapat menghasilkan uang. Pada pelaksanaannya Mashuri tidak sendiri, dalam hal ini akan dibantu oleh guru-guru produktif lainnya yang memberikan pelatihan membuat desain ketrampilan komputer dan internet agar anak-anak mampu memasarkan hasil ketrampilan prakaryanya secara mandiri melalui media internet.

"Melalui sekolah ini, para siswa mulai ditanamkan jiwa kewirausahaan. Mereka juga sudah diajarkan untuk membuat kreasi kerajinan, namun sayangnya belum dilaksanakan maksimal dan karya yang dihasilkan hanya berupa kerajinan manik-manik. Untuk itu kami mencoba mengembangkan keterampilan siswa untuk menghasilkan kerajinan-kerajinan lainnya," ujar Mashuri selaku guru matapelajaran prakarya dan kewirausahaan ini.(ifah) - 05



 
KM NTT-LOMBOK

KM NTT-LOMBOK

KM NTT-LOMBOK , Anggota:Sutifa Saleh, Opal Adi Saputra, Umbu Azwar Anas, Umbu Yanus & Alia. Almt ;Dusun Dasan Bagik Dalam Desa Bagik Manis Kec. Sambelia, Kab.Lombok Timur (Cp.087866962059/082341397846)

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan