logoblog

Cari

LTM NU NTB Menggelar TOT Muharrik Masjid

LTM NU NTB Menggelar TOT Muharrik Masjid

Lembaga Ta'mir Masjid Pengurus Wilayah (PW) Nahdlatul Ulama (LTM PW NU) Nusa Tenggara Barat menggelar Training Of Trainer (TOT) selama 2

Pendidikan

KM Kombinasi
Oleh KM Kombinasi
19 Januari, 2015 17:34:53
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 26412 Kali

Lembaga Ta'mir Masjid Pengurus Wilayah (PW) Nahdlatul Ulama (LTM PW NU) Nusa Tenggara Barat menggelar Training Of Trainer (TOT) selama 2 hari, dari tanggal 17 s/d 18 Januari 2015 di Aula LPMP NTB.

Pelaksanaan TOT yang didukung penuh oleh LTM PBNU, serta diseponsori TOA Coorporation kini menghadirkan Muharrik Masjid se-pulau Lombok, dimana 5 kabupaten-kota (Loteng, Lobar, Lotim, KLU, dan Kota Mataram) kini mengutus peserta mengikuti TOT ini masing-masing sebanyak 10, sehingga peserta kemudian berjumlah 50 orang. Lapor ketua panitia TOT, Retno Sirnopati, 17/01 kemarin.

Hadir dalam TOT kali ini; ketua LTM PB NU, KH. Abdul Manan Al-Ghani beserta rombongan, ketua Tanfiziah PW NU NTB, Drs. TGH. Ahmad Taqiuddin Mansyur, M.Pd.I, Drs. TGH Sohimun Fasisal, MA, serta Direktur TOA Coorporation, Syakir. Tambah Retno dalam laporannya.

TOT Muharrik Masjid mengankat tema "Peningkatan Mutu Manegmen Masjid Untuk Pemberdayaan Masyarakat". Tema tersebut menurut ketua LTM NU NTB, M. Harfin Zohdi, MA menyebutkan bahwa dengan tema TOT ini diharapakan mampu memberikan pemahaman kepada peserta. Lanjut dia, setidaknya melalui TOT ini peserta mengerti dan memahamai fungsinya selaku muharrik Masjid dalam memakmurkan Masjid itu sendiri. Selain memakmur Masjid, peserta TOT juga diharapkan kedepan mampu melakukan pemberdayaan terhadap masyarakat atau jama'ah Masjid. Jelas Harfin kepada kombinasi Mataram (17/01) kemarin.

Hal yang sama disampaikan Drs. TGH. Taqiuddin Mansyur, M.Pd.I, ketua tanfiziyah PWNU NTB. Dalam sambutan TGH. Taqiuddin menyebutkan Pelatihan/ TOT kali ini sangat bermanfaat bagi masa depan NU, "saya sangat berterimakasih, dan memberikan apresiasi kepada LTM NU NTB yang telah berinisiatif untuk menyelenggarakan pelatihan seperti ini". Jelasnya.

Tokoh Agama yang kini sudah banyak berjasa kepada anak-anak muda NU itu juga berharap agar peserta TOT serius mengikuti pelatihan yang digelar LTM NU NTB kali ini. Sebab menurutnya, TOT ini sangat bermanfaat bagi pengembangan wawasan warga Nahdlatul Ulama (NU) NTB kedepan. Paparnya.

Selain itu, TGH A. Taqiuddin juga banyak menjelaskan terkait soal Masjid. Menurutnya, Masjid adalah wadah pengembangan umat, khusunya umat Islam. Posisi Nahdlatul Ulama (NU) sebagai Ormas Islam terbesar di Indonesia, maka TGH Taqiuddin meminta wagra NU NTB agar merasa berkewajiban memakmurkan Masjid ini, lebih-lebih bagaimana setiap warga NU NTB mampu melakukan pemberdayaan bagi Jama'ah di Masjid.

 

Baca Juga :


"Alhamdulillah, NU NTB selama ini masih eksis melakukan rutinitas kegiatan Masjid, Pengajian Umum yang dilakukan oleh tokoh-tokoh NU di Masjid selama ini adalah salah satu cara mereka selaku warga NU di NTB dalam mendidik Jama'ah di Masjid. Hal ini juga disampaikan langsung Drs. Ahmad. TGH. Taqiuddin Mansur, M.Pd.I di depan ketua LTM PBNU saat sambutan, kemarin (17/01).

Selain itu, Penguatan Aqidah Aswaja Warga Nahdlatul Ulama (NU) di Masjid, ideologisasi pemahaman tentang NU melalui kegiatan Masjid, serta pendidikan-pendidikan informal lainnya yang dikhususkan untuk warga atau Jama'ah Masjid. berinovasi untuk pengembangan NU kedepan adalah hal utama yang harus diperkuat oleh ta'mir-ta'mir Masjid NU yang ada". Pungkas ketua PWNU NTB dengan penuh harapan.

Sementara itu, Ketua LTM PBNU, KH. Abdul Manan A. Ghani menyebutkan setidaknya ada 4 hal yang harus dijalankan oleh setiap warga NU, terutama ta'mir-ta'mir Masjid NU, diantaranya; pertama warga NU harus melakukan gerakan ta'aruf dengan jama'ah, kedua, memberikan pemahaman kepada jama'ah, ketiga, saling tolong-menolong antar warga jama'ah, keempat, Jama'ah NU harus bertanggung jawab. Jelas KH. Abdul Manan A. Ghani (ketua LTM PB NU) memotipasikan peserta TOT LTM NU NTB, kemarin. [] - 05

 

 



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan