logoblog

Cari

Taruna SMKN 10 Bima Lolos Magang Ke Jepang

Taruna SMKN 10 Bima Lolos Magang Ke Jepang

  KM. RUNGGU-sebanyak 9 orang taruna Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 10 Kabupaten Bima berhasil lolos seleksi untuk magang ke negeri Sakura.

Pendidikan

KM Monggo Runggu
Oleh KM Monggo Runggu
17 Januari, 2015 19:49:56
Pendidikan
Komentar: 1
Dibaca: 45971 Kali

KM. RUNGGU-sebanyak 9 orang taruna Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 10 Kabupaten Bima berhasil lolos seleksi untuk magang ke negeri Sakura. Seleksi itu berlangsung Sabtu (17/1) di sekolah setempat di Desa Belo Kecamatan Palibelo. Seleksi itu  diikuti 19 orang taruna yang duduk di kelas III. 

Pimpinan Tee Kay Corporation Mr Eiji Hatabu melalui juru bicaranya Karmani yang ditemui KM Monggo Runggu  di sekolah setempat mengatakan bahwa seleksi taruna calon pekerja di perusahaan perkapalan penangkap ikan Jepang itu yang pertama dilakukan. Di Kabupaten Bima, katanya, ada 2 SMKN yakni SMKN 10 dan SMKN 1 Kabupaten Bima. ”Kami membutuhkan banyak pekerja asal Indonesia untuk dipekerjakan di perusahaan penangkap ikan di Jepang.” ujar Karmani.

Lanjutnya, setiap tahun ada 200 orang tenaga kerja yang dibutuhkan. Kebetulan sekali bahwa di SMKN 10 Kabupaten Bima memiliki jurusan Neutika Kapal Penangkap Ikan (NKPI).  Sehingga, dilakukan seleksi bagi taruna yang berminat untuk bekerja di Jepang. ”Seleksi ini untuk pertama kali kami lakukan, selesai seleksi di SMKN 10 akan dilanjutkan di SMKN 1,” terang Karmani.

Seleksi yang dilakukan meliputi tes kesehatan, wawancara, Kompetensi kejurusan, tinggi badan dan buta warga. ”Bagi mereka yang lulus harus berusia minimal 17 tahun, mendapatkan ijin orang tua, memiliki ijazah dan mau menerima kotrak kerja selama  3 tahun,” Pungkas  Kasmani.

 

Baca Juga :


Sementara itu Kepsek SMKN 10 Bima, Edy   Suherman. Spd.I, Msi mengatakan bahwa taruna dari sekolah yang dipimpinnya itu sudah 2 kali mengirim alumninya   untuk bekerja di perusahaan perkapalan penangkap ikan Jepang. Pada tahun 2012, ada 3 orang alumni yang lolos dan pada tahun 2013 hanya 1 orang. ”Alhamndulillah sekolah kami selalu dilirik oleh perusahaan Jepang, semoga seleksi tahun ini banyak yang diterima. Dalam seleksi ini, kami tak bisa intervensi,” ujar Edy,  Sabtu (17/1) di ruang kerjanya.

Dijelaskannya, setelah melalui seleksi oleh Eiji Hatabu pimpinan perusahaan jepang itu dan Karmani sebagai juru bicaranya, maka ada 9 orang dinyataka lolos. taruna yang lolos seleksi sekarang akan dikirim ke Tanggerang di Tee Kay Corporation Indonesia pada bulan Juli usai lulus sekolah. Selama di Tanggerang, para taruna itu akan di bimbing dan dibina untuk mengusai Bahasa Jepang. ”begitu mereka masuk karantina   di Tanggerang, mereka akan dibayar dengan gaji 1 juta perbulan. Sedangkan kalau sudah bekerja di perkapalan penangkap ikan akan digaji 10 juta perbulan belum termasuk uang saku dan listrik. Jadi mereka akan dikotrak selama 3 tahun, kalau kinerjanya baik akan diperpanjang.” gambar Mantan Guru SMKN 1 Bima itu. (RIS) - 05



 

Artikel Terkait

1 KOMENTAR

  1. KM JONG CELEBES

    KM JONG CELEBES

    20 Januari, 2015

    Mas nanti kalau kalau ada tarunanya yang tidak lolos kerja di kapal, boleh melanjutkan pendidikannya di politeknik ilmu pelayaran nusar (PI-NUSRA) selong lombok timur. Ada tiga jurusa, yaitu jurusan nautika, kpn, dan jurusan teknika....


 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan