Cari

Tutup Iklan

Melirik Ponpes Abu Hurairah Mataram Pasca Kunjungan DPR RI

Melirik Ponpes Abu Hurairah Mataram Pasca Kunjungan DPR RI

Kunjungan anggota komisi VIII DPR RI pada selasa 9 desember 2014 terhadap pondok pesantren Abu hurairah mataram medapatkan respons positif dari

Pendidikan

Melirik Ponpes Abu Hurairah Mataram Pasca Kunjungan DPR RI

Melirik Ponpes Abu Hurairah Mataram Pasca Kunjungan DPR RI

KM Gunungsari
Oleh KM Gunungsari
23 Desember, 2014 15:48:46
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 27708 Kali

Kunjungan anggota komisi VIII DPR RI pada selasa 9 desember 2014 terhadap pondok pesantren Abu hurairah mataram medapatkan respons positif dari wakil ketua ketua Deding Ishak. Mengutip dari situs resmi DPR RI, Deding mengatakan :"Pesantren bukan saja asset umat islam tetapi pesantren asset bangsa. Tanpa pesantren Negara Indonesia tidak mungkin merdeka, karena perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia dimulai dan dilakukan oleh tokoh-tokoh gerakan kemerdekaan yang berasal dari pesantren. Keberhasilan itu sekarang dilanjutkan oleh Ponpes Abu Hurairah"

Mereview perjalanan Pondok pesanten Abu Hurairah yang bertempat di jalan majapahit no. 54 B depan Fakultas Ekonomi Universitas Mataram, eksistensinya dimulai dengan menbuka jenjang Madrasah Aliyah Plus dengan lokasi awal di Masjid ‘Aisyah Lawata mataram. Dengan seleksi ketat calon santri dari beberapa daerah di NTB, angkatan pertama ini berhasil menorehkan beberapa prestasi akademik yang sangat memuaskan untuk ukuran angkatan pertama di sebuah institusi pendidikan seperti berhasil meluluskan santrinya 100% dengan nilai yang sangat memuaskan. Di samping torehan prestasi dalam bidang akademik, MA Plus Abu Hurairah juga memiliki beberapa prestasi dalam bidang lainnya diantaranya juara dalam berbagai lomba pidato bahasa Arab dan bahasa Inggris di tingkat wilayah maupun di tingkat nasional, kemudian dalam bidang tafsir Al-Qur’an dalam bahasa Arab dan Inggris serta juga ada dalam bidang olahraga.

Kini, setelah sepuluh tahun berjalan sejak tahun pelajaran 2004/2005, pondok pesantren Abu Hurairah sudah memiliki 8 lembaga pendidikan) dengan jumlah santri secara keseluruhan mencapai 1750 santri. 6 lembaga diantaranya adalah SD IT, SMP IT Putra, SMP IT Putri, MA (Putra), SMA IT Putri, dan I’dad Lughawi. Semua santri selain SD IT dan I’dad Lughawi secara umum diwajibkan mondok. Untuk mengakomodir besarnya animo masyarakat yang ingin menyekolahkan anaknya di Podok Pesantren Abu Hurairah tetapi tidak bisa mondok maka dibentuklah dua lembaga baru yaitu  SMP IT Fullday (Putra)dan SMA IT FUllday (Putra) yang kembali bertempat di Masjid ‘Aisyah Lawata Mataram.

Besarnya minat masyarakat ini juga tercermin dari besarnya jumlah pendaftar pada setiap penerimaan calon santri baru yang tentu saja semuanya tidak dapat diterima. Untuk tahun pelajaran 2015-2016 tahun depan Pondok pesntren Abu Hurairah Mataram telah membuka pendaftaran gelombang I tanggal 16-30 November 2014 yang menjaring 748 calon santri. Pada tahap gelombang I ini akan diambil 80% dari sekitar 570 santri yang direncanakan sedangkan 20% nya akan diambil pada Gelombang kedua yang kemungkinan dilaksanakan mengikuti jadwal penerimaan siswa baru dinas pendidikan kota Mataram, demikian dijelaskan oleh sekertaris panitia PSB Ponpes Abu Hurairah Muhammad Saleh Sukiman.

Baca Juga :


Pesatnya perkembangan pondok pesantren Abu Hurairah mataram, tidak lepas dari konsistensi dalam menjalankan tujuan sederhana didirikannya pondok pesantren untuk mendidik generasi-generasi Islam agar mereka menjadi generasi yang menebarkan ilmu ditengah kaum muslimin, menjadi penerang bagi sekelilingnya sehingga tercipta masyarakat muslim yang ilmiah dalam beramal dan mengetahui dasar  dan pijakan amalan-amalan yang mereka kerjakan. [] - 05



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2017 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan