logoblog

Cari

Tutup Iklan

Kwaran Suela Adakan KMD Pramuka

Kwaran Suela Adakan KMD Pramuka

KM. Formula_Sebanyak 50 orang Pembina pramuka mengikuti pelatihan Kursus Pembina Pramuka Mahir Dasar, Sabtu (13/12/2014) di SDN 1 Suela. Pada pelaksanaan

Pendidikan

RASYID RIDHO
Oleh RASYID RIDHO
16 Desember, 2014 08:06:09
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 6221 Kali

KM. Formula_Sebanyak 50 orang Pembina pramuka mengikuti pelatihan Kursus Pembina Pramuka Mahir Dasar, Sabtu (13/12/2014) di SDN 1 Suela. Pada pelaksanaan kursus ini, peserta sebagian besar dari guru-guru dan Kepala Sekolah baik swasta maun negeri sekecamatan suela.Kegiatan ini diinisiasi oleh Kwartir ranting/Kwaran Suela Kecamatan suela Kabupaten LombokTimur dengan tujuan untuk memberi bekal pengetahuan dan pengalaman praktis membina Pramuka.

hal ini diungkapkan oleh Ka Kwarcab Lombok Timur Drs.H. Gufranuddin dalam pidato sambutannya mengatakan bahwa “ Banyak Pembina pramuka di Lombok Timur ini tapi masih bingung bagaimana dan apa tugas mereka sebagai Pembina. Oleh karena itu kita mewajibkan kepada Pembina/guru dan kepala sekolah untuk mengikuti pelatihan Kursus Mahir Dasar (KMD) ini agar nanti mereka bisa membuat perencanan kegiatan di Gugus mereka masing-masing.


Pramuka bukan lagi kegiatan ekskul saja melain koskul yaitu ekstra yang diwajibkan bagi sekolah. Hal ini dikarenakan karena pramuka merupakan aktualisasi dari kurikulum yang berbasis karakter yaitu Kurikulum tiga belas/K-13.“Kegiatan pramuka ini bukan sekedar kegiatan ekskul namun sudah menjadi bagian mata pelajaran yang berorentasi pada pendidikan karakter” ungkap Ketua Panitia Lukmanul Hakim.

 

Baca Juga :


Dalam kegiatan ini peserta yang ikut diharuskan untuk nginap dan mengikuti selama 83 Jam pelajaran selama 5 hari. Beberapa materi yang diajarkan korps pelatih dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan Cabang (Pusdiklatcab) Kwarcab Lotim antara lain, Pendidikan Kepramukaan, dan Pendidikan alam terbuka yang terdiri dari 70 % Materi, 20% Praktik dan 10% Pembulatan.[] - 01



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan