logoblog

Cari

Tutup Iklan

Produk UMKM Hanya 10% Dikancah Internasional

Produk UMKM Hanya 10% Dikancah Internasional

Kemampuan produk UMKM di indonesia  di kancah internasioal baru mencapai 10%, hal ini masih terkendala kemampuan aspek dari teknologi, keunggulan barangnya

Pendidikan

Asrobi Abdihi
Oleh Asrobi Abdihi
19 Oktober, 2014 18:59:14
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 6100 Kali

Kemampuan produk UMKM di indonesia  di kancah internasioal baru mencapai 10%, hal ini masih terkendala kemampuan aspek dari teknologi, keunggulan barangnya secara internasional. Salah satu contoh usaha menengah ke atas yang membuming di tingkat internasional hanyalah semen gresik bukan produk UMKM. Untuk itu pemerintah harus peka terhadap pembuatan perlindungan bagi produk UMKM yang masih invan  atau kecil terhahap industry.

“Kondisi UMKM inilah pemerintah terus menyuarakan agar diadakan perlindungan atau dibuatkan aturan pemerintah  terhadap produk UMKM terlebih lagi dalam menghadapi MEA 2015, sehingga MEA 2015 tidak mudah memasuki  UMKM dan itupun telah di sepakati” Tandas H.Supran usai membuka Rapat Temu Konsultasi Pengembangan Produk Unggulan daerah (PUD) Kabupaten Kota Se NTB (16/10)

Salah satu cara untuk meningkatkan capaian yang hanya 10% H.Supran mengatakan pemerintah terus melakukan Bimbingan Teknis, Pelatihan-pelatihan seperti yang di lakukan hari ini. Pelatihan yang di lakukan untuk menyiapkan SDM (Sumber Daya Manusia) yang mampu mengolah secara teknis terhadap produk unggulan daerah menjadi unggulan nasional.

Sambung H.Supran, terhadap bahan baku tidak menjadi persoalan, tinggal sikap pemerintah untuk menyakinkan para petani, seperti petani tembakau, petani ubi,rumput laut ,jagung dan lain sebagainya , terhadap keyakinan harga yang pasti sehingga para petani akan termotivasi  baik itu petani di lahan kering atau di lahan basah.

“itu sekarang tergantung dinas, bagaimanapun caranya teriak disperindang dan dinas koperasi kalau dalam posisi bahan baku tidak mendukung, itu tidak ada artinya.,

 

Baca Juga :


Untuk itu dalam “Rapat Temu Konsultasi Pengembangan Produk Unggulan daerah (PUD) Kabupaten Kota Se NTB” di Hotel Giri Putri Mataram  bertujuan untuk mendapatkan lebih jauh informasi tentang potensi dan pengembangan prioritas produk unggulan daerah di masing-masing daerah se kabupaten kota di NTB dan menjalin koordinasi dan sinergitas pembinaan di koperasi dan UMKM se kabupaten kota se NTB dalam rangka pengembangan produk unggulan daerah.

Adapun peserta rapt terdiri dari SKPD  tingkat provinsi, dinas perikanan dan kelautan,peternakan, pertanian dan dinas koperasi UMKM se kabupaten kota di NTB. (Abdi) - 01



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan