logoblog

Cari

Tutup Iklan

Pramuka Program Wajib Ekstrakurikuler Kurikulum 13

Pramuka Program Wajib Ekstrakurikuler  Kurikulum 13

KM RUNGGU.- Dengan mulai diberlakukannya Kurikulum 13, maka seluruh jajaran pendidikan baik dibawah Kementerian Pendidikan Nasional maupun Kemeneterian Agama, wajib menerapkan

Pendidikan

KM Monggo Runggu
Oleh KM Monggo Runggu
30 September, 2014 14:19:56
Pendidikan
Komentar: 3
Dibaca: 5241 Kali

KM RUNGGU.- Dengan mulai diberlakukannya Kurikulum 13, maka seluruh jajaran pendidikan baik dibawah Kementerian Pendidikan Nasional maupun Kemeneterian Agama, wajib menerapkan Pramuka sebagai program pembelajaran ekstrakurikuler.

Kepala Seksi Kepemudaan Dikpora Kabupaten Bima, Munajad Suhaimi SPd mengatakan bahwa sekarang dengan diberlakukannya Kurikulum 13 maka setiap sekolah baik di tingkat Sekolah Dasar sampai SMA, wajib menerapkan program pendidikan ekstrakurikulernya adalah Pramuka. “Pramuka merupakan program ekstrakurikuler wajib di sekolah untuk semua jenjang pendidikan formal baik yang ada di bawah naungan Diknas maupun Kemenag,”. Jelas Munajad, kemarin di ruang kerjanya.

Lanjut dia, dalam penerapan Pramuka ada 3 modelnya yakni model blok, model aktualisasi dan model reguler. Kalau model blok, hanya satu kali setahun sedangkan model aktualisasi artinya setiap siswa ikut ambil bagian dalam kegiatan pramuka. “Adapun model regulernya adalah siswa yang masuk dalam gugus depan, jadi di sekolah minimal ada dua gugus depan,” urai Munajad.

            Kata dia lagi, setiap guru hanya diperbolehkan membina maksimal 40 orang siswa. Sehingga, para guru diberikan pendidikan dan pelatihan dasar kepramukaan. “Untuk suksesnya program ekstrakurikuler Pramukan, sudah di Diklat 9 angkatan di Bima sebagai peserta kursus pelatihan dasar,” paparnya.

 

Baca Juga :


            Bahkan dalam waktu dekan, Pusdiklat Cabang Bima akan menggelar Kursus Orientasi Kepsek mulia dari Kepsek SD sampai SMA/SMK sebagai Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Gudep). “Dalam waktu dekat juga, kami akan mengadakan kursus orientasi Kepala Sekolah sebagai Pembimbing Gudep.” Pungkas Munajad Muhaimi SPd. (Ris) - 05

 



 

Artikel Terkait

3 KOMENTAR

  1. KM. Sajang Bawak Nao

    KM. Sajang Bawak Nao

    02 Oktober, 2014

    walaupun Pramuka tidak wajib dalam kurikulum 2013 saya rasa itu adalah menjadi pendidikan yang wajib, karena pramika mengajarkan kita untuk menjadi orang yang memiliki karakter dan memiliki ahlak yang mulia... aku suka pramuka sekarang aku baru mulai bangkit lagi untuk dari keterpurukan PRAMUKA Pisang raja pisang rebus Pramuka maju terus Kawan


  • KM. Mesra Seteluk

    KM. Mesra Seteluk

    01 Oktober, 2014

    well, tidak heran jika pramuka diwajibkan di kurikulum pendidikan kita sekarang ini berhubung k13 alias kurikulum 2013 tidak hanya dominan mengukur kognitif saja tetapi juga keterampilan dan sikap. Dan kita semua tahu bahwa pramuka adalah ekstrakurikuler yang sangat baik dalam membina sikap dan keterampilan siswa. intinya, siswa jaman sekarang akan unggul di masa depan jika menguasai ketiga ranah tersebut.


  • KM Kaula

    KM Kaula

    30 September, 2014

    apapun nama program, yang pasti semua kita berharap, akhlak siswa didik dan semua kita semakin baik dan semakin baik.


  •  
     

    TULIS KOMENTAR

    Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
     
    Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
     
    Tutup Iklan