logoblog

Cari

Tutup Iklan

Manfaat dari penerapan kurikulum 2013

Manfaat dari penerapan kurikulum 2013

KM.MJ Dompu  Setiap kurikulum pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. oleh karena kita harus tetap mendukung upaya pemerintah untuk memperbaiki kualitas

Pendidikan

KM-MADA  JAMPI DOMPU
Oleh KM-MADA JAMPI DOMPU
24 September, 2014 20:37:04
Pendidikan
Komentar: 2
Dibaca: 160031 Kali

KM.MJ Dompu  Setiap kurikulum pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. oleh karena kita harus tetap mendukung upaya pemerintah untuk memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia demi menciptakan peserta didik yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia dan sesuai dengan pancasila demi memenuhi perkembagan zaman.   

Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang melakukan penyederhanaan, dan tematik-integratif, menambah jam pelajaran dan bertujuan untuk mendorong peserta didik atau siswa, mampu lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya, bernalar, dan mengkomunikasikan (mempresentasikan), apa yang mereka peroleh atau mereka ketahui setelah menerima materi pembelajaran dan diharapkan siswa kita memiliki kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan jauh lebih baik. Mereka akan lebih kreatif, inovatif, dan lebih produktif, sehingga nantinya mereka bisa sukses dalam menghadapi berbagai persoalan dan tantangan di zamannya, memasuki masa depan yang lebih baik.

SDN 2 Woja .Kab Dompu .adalah salah satu contoh sekolah yang menerapkan pembelajaran kurikulum 2013. Lebih spevisiknya yaitu di kelas Empat (4).Dengan Dua  Ibu guru yang bernama ibu Samsiah SPd dan Evi yuliana SPd sedang melakukan aktifitas belajar mengajar langsung di halaman sekolah  .dengan menerapakan pembelajaran Tematik dengan tema 1 (Kebersamaan dan Keaneragaman)

Pembelajaran tematik sendiri bermakna sebegai pembelajaran tepadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa.

Adapun fungsi dari penerapan pembelajaran tersebut : 1. Siswa mudah memusatkan perhatian pada suatu tema tertentu, 2.Siswa mampu menjalin kerjasama dan saling membantu  sesama temanya, 3.Pemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan, 4 Siswa dapat di latih kejujuran dan mampu menerima kekurangan dari temannya, 5. Siswa mampu lebih merasakan manfaat dan makna belajar karena materi disajikan dalam konteks tema yang jelas, 6. Siswa lebih bergairah belajar karena dapat berkomunikasi dalam situasi nyata, untuk mengembangkan suatu kemampuan dalam satu mata pelajaran sekaligus mempelajari matapelajaran lain. “ujar (Ibu samsiah SPd)

 

Baca Juga :


Pembelajaran tematik lebih menekankan pada keterlibatan siswa dalam  proses belajar secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga siswa dapat memperoleh pengalaman  langsung dan terlatih untuk dapat menemukan sendiri berbagai pengetahuan yang dipelajarinya. Melalui pengalaman langsung siswa akan memahami konsep-konsep yang mereka pelajari dan menghubungkannya dengan konsep lain yang telah dipahaminya dan Dalam pembelajaran tematik juga sangat berkaitan dengan psikologi perkembangan peserta didik dan psikologi belajar

Salah satu ungkapan dari Uci puspita sebegai muridnya ,mengungkapakan manfaat daripenerapan  kurikulum 2013.  ia merasakan pembelajaran dulu dengan sekarang ini sangatlah berbeda jauh ,sebab pembelajaran  yang di terapkan baru ini sangat membuatnya sangat senang dan merekapun  sangat menyukainya..

 Seperti dalam UU No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak yang menyatakan bahwa setiap anak berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran dalam rangka pengembangan pribadinya dan tingkat kecerdasannya sesuai dengan minat dan bakatnya (pasal 9). UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan bahwa setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan pelayanan pendidikan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya (Bab V Pasal 1-b). Amin red [] - 05



 

Artikel Terkait

2 KOMENTAR

  1. KM. Serambi Brangrea

    KM. Serambi Brangrea

    25 September, 2014

    asalkan jangan main-mainnya kebablasan sampai lupa belajarnya......tapi saat ini dibeberapa daerah masih banyak kendala penerapan K13 diantaranya masih ada guru yang belum mendapat pelatihan dan paling banyak adalah sekolah yang belum menerima buku pegangan siswa seperti yang terjadi di SDN tangga.


  • KM LENGGE

    KM LENGGE

    25 September, 2014

    BETUL.... K13 LEBOIH SIMPEL........ MISALNYA SD....... DIAJAK UNTU BERMAIN SAMBIL BELAJAR......


  •  
     

    TULIS KOMENTAR

    Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
     
    Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
     
    Tutup Iklan