logoblog

Cari

PMII dan KM Mutiara Gelar Pelatihan Jurnalistik

PMII dan KM Mutiara Gelar Pelatihan Jurnalistik

PC PMII Kota Mataram yang notabene anggota dan kadernya adalah mahasiswa-mahasiswi  yang tersebar di beberapa kampus besar di kota mataram (IAIN,

Pendidikan

Sabolah Al-Kalamby
Oleh Sabolah Al-Kalamby
22 Juli, 2014 19:19:47
Pendidikan
Komentar: 2
Dibaca: 8001 Kali

PC PMII Kota Mataram yang notabene anggota dan kadernya adalah mahasiswa-mahasiswi  yang tersebar di beberapa kampus besar di kota mataram (IAIN, Unram, IKIP, UNW dan UMM) dalam rangka memenuhi kebutuhan dan aspirasi anggota dan kader di bawah yang sadar akan pentingnya skill menulis dibangku kuliah kini menggandeng Kampung media kecamatan sekarbela untuk melaksanakan kegiatan pelatihan jurnalistik dan publish + sahur bareng.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 malam pada tanggal 20 s/d 21 juli 2014 di secretariat PC PMII Kota Mataram Lantai I yang juga sebagai markas Kampung Media Mutiara sekaligus tempat Pusat Layanan Internet Kecamatan (PLIK) Sekarbele - Kota Mataram.

Pelatihan dimulai pukul 20.30 (selesai tarawih) sampai sahur bareng. Kegiatan ini  berlangsung dengan 2 sessi materi yakni, sessi I pelatihan dan motifasi menulis oleh kepala kampung media yang juga ketua PC NU Kota Mataram sahabat Fairuzzabadi SH dan Sessi II pembuatan Blog yang difasilitasi oleh sahabat Salas Madrid (ketua bidang jaringan antar kampus PC PMII Kota Mataram.

Dalam kegiatan ini target peserta yang hadir sesuai undangan yang dikirim menurut keterangan ketua panitia sahabt burek adalah 30 orang yang diambil dari komisariat dan rayon masing-masing 2 orang dan 4 orang lainnya dari pengurus cabang sendiri. Namun kegiatan ini berlangsung dengan jumlah peserta 14 orang mengingat beberapa komisariat dan rayon tidak mengutus 2 orang anggotanya karena sudah pulang mudik “Kata Burek”.

 

Baca Juga :


Sessi pertama kegiatan ini pada minggu malam berlangsung sangat khidmat sekalipun acarax semi formal, guyonan dari fasilitator “mik faeruz” panggilan akrab nya membuat peserta kelihatan tidak ada satupun yang mengantuk dan bosan. Setelah pengantar yang diberikan oleh fasilitator kini pertanyaan banyak muncul dari peserta yang secara umum pertanyaan peserta tentang bagaiman caranya menulis yang Fan dan produktif, mengingt mahasiswa kekinian kadang hanya bisa bicara namun menyampaikannya dalam bentuk tulisan sulit?. Fasilitator memberikan satu kata kunci sederhana untuk menjadi penulis yang hebat dan sederhana yakni “tulislah apa yang tidak bisa anda tulis maka anda akan menjadi penulis hebat”, karena pengalaman pribadi saya pun tidak punya skill dasar menjadi penulis, basic perkuliahaan pun tidak serta guru menulis pun tiak ada tapi karena dorongan keinginan dan hoby sehingga bisa menulis, sambung mik faeruz.

Sessi Kedua, kegiatan ini dimulai pada pukul 21.00 imulai dengan pembukaan oleh fasilitator ke-2 sahabat salas Madrid, presentasi malam kedua ini memakai LCD sehingga memudahkan peserta untuk mempraktikkan langsung arahan dar fasilitator, malam sessi ke-2 inipun peserta masing-masing bawa laptop dan masing-masing tulisannya sesuai engan kesepakatan malam pertama. Proses pembuatan blog berlangsung lama mengingat jaringat internet lelet tapi berjalan serius sampai pada peserta memahami cara mendesign blog masing-masing. Sessi ke-2 ini selesai pada pukul 03.00 dinihari dan saat sahurpun tiba. [] -01



 
Sabolah Al-Kalamby

Sabolah Al-Kalamby

Ketua DPM IKIP Mataram 2011-2012 Ketua Umum PC PMII Kota Mataram 2013-2014 Mahasiswa Pascasarjana UNJ 2014 Biro Kaderisasi PB PMII 2014-2016

Artikel Terkait

2 KOMENTAR

  1. KM. Al_Bajuri

    KM. Al_Bajuri

    23 Juli, 2014

    terus berkreasi sahabat PMII


  • KM Kaula

    KM Kaula

    22 Juli, 2014

    semoga pelatihannya bisa menghasilkan penulis-penulis handal, sehingga bisa menjadi tempat kita belajar kedepan.


  •  
     

    TULIS KOMENTAR

    Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
     
    Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
     
    Tutup Iklan