logoblog

Cari

Tutup Iklan

Siswa SD Jelajah Alam, Bentuk Karakter Peduli Lingkungan

Siswa SD Jelajah Alam, Bentuk Karakter Peduli Lingkungan

KM. LENGGE WAWO,- Siswa sekolah dasar negeri (SDN) Inpres 2 Maria Kecamatan Wawo mengikuti jelajah pramuka Rabu (11/6). Kegiatan tersebut merupakan

Pendidikan

KM LENGGE
Oleh KM LENGGE
14 Juni, 2014 04:27:17
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 10546 Kali

KM. LENGGE WAWO,- Siswa sekolah dasar negeri (SDN) Inpres 2 Maria Kecamatan Wawo mengikuti jelajah pramuka Rabu (11/6). Kegiatan tersebut merupakan rangkian kegiatan setelah di adakan kemah selama 4 hari di halaman sekolah. Kegiatan ini diikuti oleh siswa dan guru - guru yang mengajar di SDN Inpres 2 Maria dan juga beberapa orang tua dari para siswa.

Kegiatan Kemah dan jelahah alam yang dilakukan oleh puluhan siswa  dan guru-guru SDN Inpres 2 Maria dilaksanakan selam 1 minggu setelah selesai ulangan umum semester genap tahun pelajaran 2013/2014.

Kepala SDN Inpres 2 Maria, H Burhanuddin yang sempat ditemui saat jelajah alam menjelaskan bahwa sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini, karena merupakan kegiatan ektrakurikuler siswa dan merupakan kegiatan rutin dilaksanakan tiap tahun usai pelaksanaan ulangan semester.

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang mengimplementasikan kurikulum 2013, karena di kurikulum tahun 2013 kegiatan pramuka merupakan kegiatan ektra yang wajib ada. Dengan Kegiatan ini siswa dapat belajar mengenal alam sambil bermain dan bertanya, sehingga membentuk karakter siswa yang peduli terhadap lingkungan, hal ini merupakan poin penting dalam kegiatan pramuka.

“Siswa diajak berkemah disekolah dan kemudian pada akhir kegiatan perkemahan kami programkan untuk jelajah alam, agar mereka memahami lingkungan, sehingga tidak hanya belajar dikelas, tapi belajar sambil bermain agar mereka tidak bosan, hal ini sesuai dengan implementasi kurikulum tahun 2013’’, ujar Burhanudin.

 

Baca Juga :


Pembina Pramuka SDN Inpres 2 Maria, Al Faisal, S.Pd, mengatakan, kegiatan yang kami lakukan ini diapresiasi oleh orang tua siswa maupun guru-guru yang lain sehingga seluruh pendidik dan tenaga kependidikan ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. “Anak didik kami sangat senang dan gembira mengikuti kegiatan pramuka dan jelajah alam, mereka dilatih untuk mandiri dan menyelesaikan setiap tugas dengan bersama”, kata guru muda yang biasa disapa echa ini.

Salahsatu siswa SDN 2 Maria, Dita mengungkapkan bahwa dia senang mengikuti kegiatan pramuka disekolahnya, karena diajarkan bermain sambil belajar tidak seperti belajar dikelas yang selalu membosankan. “Kalau belajar sambil bermain-main dengan teman-teman saya cepat ngerti, kalau dikelas bosan juga setiap hari seperti itu-itu aja”, ujar Dita. (Efan) -05



 
KM LENGGE

KM LENGGE

KM Lengge Wawo Sekretariat : Jln Lintas Bima Sape KM 17 Komplek Lapangan Umum Wawo, Maria Utara Bima - Contac Person : 085338436666/085312521100 - Email : wawolengge@gmail.com - Koordinator : Edy Irfan Anggota : Galank, Ahyar, Benk, Jhuan, Andri

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan