logoblog

Cari

Peningkatan Mutu Pendidikan Terus Dilakukan

Peningkatan Mutu Pendidikan Terus Dilakukan

Salah satu poin yang disampaikan Bupati Bima H. Syafrudin H. M. Nur, M.Pd saat memberikan sambutan pada Hari Pendidikan Nasional 2

Pendidikan

S. SAMADA
Oleh S. SAMADA
03 Mei, 2014 20:14:30
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 5105 Kali

Salah satu poin yang disampaikan Bupati Bima H. Syafrudin H. M. Nur, M.Pd saat memberikan sambutan pada Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2014, Jum’at (2/5) bahwa upaya dan ikhtiar Pemerintah Kabupaten Bima meningkatkan kualitas pendidikan terus dilakukan, mulai dari pembenahan sistem pendidikan intern sampai hubungan kerjasama pendidikan luar daerah.   

Hadir di lapangan Kantor Persiapan Bupati Bima di dusun Godo Dadibou Kecamatan Woha itu, unsur FKPD, pejabat eselon dua hingga staf SKPD Kabupaten Bima, tenaga pendidik dan siswa-siswi Kecamatan Belo, Palibelo, Woha, dan Lambitu.

Menurut Bupati, mulai tahun ini, Pemerintah Daerah memberikan perhatian khusus kepada para siswa dan pelajar yang berprestasi. Bagi murid SD yang berhasil meraih juara I akan diberikan kemudahan untuk masuk tanpa tes pada jenjang SMP Negeri di seluruh Kabupaten Bima. “Demikian halnya tingkat SMP, Pemerintah daerah melalui Dinas Dikpora memberikan kebebasan untuk masuk tanpa tes pada semua SMAN di Kabupaten Bima,” katanya.
Sedangkan bagi pelajar SMA kelas I yang berhasil meraih juara I pada tingkat Kabupaten, akan dibebaskan dari biaya sekolah selama 1 tahun. Selanjutnya, bagi pelajar SMA yang berhasil meraih juara I pada tingkat provinsi, akan dibebaskan dari biaya sekolah selama 2 tahun, dan bagi pelajar SMA yang berhasil menjadi juara I pada tingkat nasional, akan dibebaskan dari biaya sekolah selama tiga tahun.

Kata diam, Pemerintah Daerah berharap, penghargaan dan perhatian ini akan lebih meningkatkan motivasi untuk terus belajar, berkarya dan berkiprah bagi anak-anak Kabupaten Bima. Oleh karena itu, sangat diharapkan agar siswa-siswi dapat memanfaatkan dengan baik semua kesempatan dan peluang emas yang ada untuk meraih terbaik demi kejayaan sekolah dan daerah tercinta. 

“Namun perlu saya ingatkan, untuk meraih sebuah prestasi maka kerja keras dan kebersamaan antara kepala sekolah, guru dan orang tua amat diperlukan,” terangnya.

Selanjutnya sebagai kelanjutan dari upaya di atas, pasca pelantikannya sebagai Bupati Bima pada tanggal 19 Februari 2014, pihaknya langsung merealisasikan sejumlah agenda penting, antara lain melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Universitas Negeri (UNM) Makassar bagi peningkatan kualitas SDM bidang pendidikan.    

"Melalui jalinan kerjasama ini bagi pelajar yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang S1 dan tenaga pendidik yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 akan diberikan rekomendasi Bupati untuk kemudahan akses memasuki perguruan tinggi dimaksud,” ungkap Bupati .
Selain dengan UNM Makassar, pemda juga telah merintis kerjasama dengan Universitas Mataram dalam hal pendirian Politeknik Negeri Bima. “Alhamdulillah, Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI telah menyetujui pendirian empat program studi yaitu, Kesehatan Hewan dan Produksi Ternak, Budidaya Perairan, Perikanan Tangkap dan Agro Industri,” jelasnya. 

 

Baca Juga :


Saat ini jelas Bupati, tengah dilakukan penambahan beberapa fasilitas perkuliahan dan administrasi yang diperlukan bagi pelaksanaan perkuliahan. Mudah-mudahan, tahun 2014 ini kuliah perdana sudah dapat melakukan di kampus Desa Sondosia Kabupaten Bima.

Untuk itu, melalui momentum Hardiknas 2014, Bupati memohon doa restu seluruh jajaran Dinas Dikpora dan berharap upaya di atas serta sejumlah ikhtiar lainnya di bidang pendidikan diharapkan akan mendorong percepatan peningkatan kualitas pendidikan di kabupaten Bima dan memberikan kontribusi nyata dalam membangun daerah. 

Usai pelaksanaan upacara,  Bupati H.Syafrudin didampingi Ketua TP.PKK Kabupaten Bima Hj. Rustinah menyerahkan hadiah kepada para pemenang Lomba. (smd) - 01

 

 



 
S. SAMADA

S. SAMADA

Jangan pernah mengatakan tidak terhadap sebuah kebaikan

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan