logoblog

Cari

Ujian Nasional Paket C

Ujian Nasional Paket C

Sebanyak 51 orang peserta yang tergabung dalam PKBM Ardi Putra Pendua Desa Pendua Kecamatan Kayangan KLU mengikuti Ujian Paket C, Senin,(14-16/04/2014). Ketua

Pendidikan

KM. Rumah Panggungku
Oleh KM. Rumah Panggungku
19 April, 2014 12:02:59
Pendidikan
Komentar: 0
Dibaca: 5396 Kali

Sebanyak 51 orang peserta yang tergabung dalam PKBM Ardi Putra Pendua Desa Pendua Kecamatan Kayangan KLU mengikuti Ujian Paket C, Senin,(14-16/04/2014).

Ketua PKBM Ardi Putra Pendua H.Juhardi mengatakan, pelaksanaan Ujian Nasional Paket C dilaksanaan serentak dengan ujian tingkat SMA sederajat.Ia menyebutkan peserta ujian nasional paket C ini adalah mereka yang tidak belajar di sekolah reguler dan usianya pun rata-rata diatas dua puluhan tahun.

Dikatakan, peserta yang mengikuti Ujian Nasional Paket C ini biasanya mereka yang pernah bersekolah dan putus sekolah yang disebabkan factor internal maupun eksternal dan atau mungkin mereka hanya memiliki ijazah SMP sederajat saja. Selain itu, mungkin juga mereka sudah tamat SMA sederajat dan ijazahnya itu tidak bisa digunakan untuk perubahan karir (khusus PNS), sehingga mereka harus mengikuti ujian nasional paket C.

Pada penyelenggaraan Ujian Nasional Paket C tahun ini khususnya di KLU ada 4 PKBM, yaitu PKBM di Pemenang, PKBM di Gangga, PKBM di Bayan dan PKBM Ardi Putra Pendua ini. Sehingga jumlah peserta secara keseluruhan yang mengikuti Ujian Nasional Paket C tersebut hampir mendekati angka empat ratusan (400). ”Khusus di PKBM Ardi Putra Pendua ini dari sejak tahun 2003 hingga tahun 2014 ini tercatat 2.476 orang sudah menamatkan baik paket A,B maupun paket C,”jelas Juhardi.

Senada dengan itu, Ketua Panitia Ujian Nasional Paket C Saparudin,S.Pd mengatakan, program Ujian Nasional di PKBM Ardi Putra ini dibagi menjadi 2 gelombang, dimana untuk gelombang pertama digelar Ujian Nasional Paket C bersamaan atau serentak dengan sekolah reguler 14-16 April 2014 saat ini dan program Ujian Nasional untuk paket B pada bulan Juli 2014 mendatang. Ia menyebut peserta yang ikut ujian nasional paket C kali ini rata-rata berusia lanjut dan mereka rata-rata sudah bekerja, baik di instansi pemerintah maupun di swasta.

Agar tidak mengganggu proses ujian nasional di sekolah reguler, pelaksanaan UN untuk program paker C dilaksanakan mulai pukul 13,00 wita, setelah proses ujian di sekolah regular itu selesai.

 

Baca Juga :


Terkait dengan adanya kemungkinan-kemungkinan issu beredarnya kunci jawaban serta ada indikasi membantu peserta ujian menjawab soal, karena usia mereka rata-rata rentang 20-50 tahun. Terkait hal itu, lagi-lagi Sapar, begitu panggilan akrabnya ini disapa membantah issu itu. “Kami tidak mendengar adanya issu kunci jawaban beredar pada peserta ujian, termasuk adanya kemungkinan issu membantu peserta dalam menjawab soal, itu tidak benar,”kilahnya.

Sapar menyebut, Khusus ujian nasional di PKBM Ardi Putra Pendua ini, issu terkait adanya kunci jawaban dan adanya issu membantu peserta menjawabkan soal ujiannya, tidak ada terdengar pihaknya. Sedangkan pelaksanaan ujian di PKBM yang berdiri sejak tahun 2003 itu, prosesnya juga sama dengan pelaksanaan di sekolah reguler, dimana pengawasnya di masing-masing ruangan juga ada 2 orang, ditambah lagi dengan adanya pengawas independen dari Unram. Sapar berharap agar pelaksanaan ujian nasional di PKBM yang walaupun jauh dari keramaian ini bisa berjalan lancar dan aman, sehingga memperoleh kelulusan sesuai harapan.(zen) - 01

 



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2020 | Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan